Kompas TV nasional update

Pantau Bandara Soetta, Menhub: Sarana Lebih Sedikit Tetapi Ciptakan Pergerakan Lebih Banyak

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 16:36 WIB
pantau-bandara-soetta-menhub-sarana-lebih-sedikit-tetapi-ciptakan-pergerakan-lebih-banyak
Menhub menyebut jumlah sarana yang lebih sedikit pada masa mudik Lebaran tahun ini, bisa menciptakan pergerakan yang lebih banyak, dan menggerakkan kegiatan ekonomi. (Sumber: Kemenhub)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah sarana yang lebih sedikit pada masa mudik Lebaran tahun ini, bisa menciptakan pergerakan yang lebih banyak, dan menggerakkan kegiatan ekonomi.

Penjelasan itu disampaikan Menhub saat memantau arus mudik di Terminal 2, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/5/2022).

“Dengan jumlah sarana yang lebih sedikit, tetapi bisa menciptakan pergerakan yang banyak,” ujar Budi, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemenhub.

Budi menambahkan, jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada mudik tahun 2019, tahun ini jumlah penumpang di Bandara Soetta lebih tinggi.

Baca Juga: Kemacetan di Merak Menurun Drastis, Jubir Kemenhub Jelaskan Penyebabnya

“Pada H-3 kemarin, tercatat penumpangnya 141 ribu orang. Artinya lebih tinggi sekitar tiga persen dari 2019. Ini menandakan bahwa kegiatan ekonomi sudah mulai bergerak,” jelas Menhub.

Saat meninjau Bandara Soetta, Budi sempat berbincang dengan beberapa penumpang di terminal keberangkatan.

Salah satu penumpang bernama Otto yang hari ini akan mudik ke Belitung mengungkapkan kegembiraanya karena kembali bisa pulang ke kampung halamannya pada tahun ini.

“Kita bisa lihat penumpang di sini sangat ramai dan saat yang dinanti warga Indonesia kita sudah dua tahun tidak mudik jadi rasa kangen itu tidak bisa bayangkan.”

“Terima kasih karena pemerintah atas kinerjanya dan telah memberikan kesempatan kami bisa mudik tahun ini, " ucap Otto.

Baca Juga: Arus Balik Diprediksi pada Tanggal 6-8 Mei, Menhub : Sistem One Way Akan Berlaku

Penumpang lain yang bernama Fanny mengaku akan terbang ke Lampung, dan menyampaikan rasa antusiasnya setelah dua tahun terakhir tidak mudik akibat pandemi.

"Alhamdulillah pemerintah izinkan kami untuk mudik tahun ini. Saya berterima kasih dan apresiasi atas usaha pemerintah mulai dari rekayasa lalu lintas dan lain-lain untuk mempermudah mudik tahun ini, " kata Fanny.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x