Kompas TV regional berita daerah

Ingin Bergaya di Hari Raya, Emak-Emak di Bantul Tebus Emas di Pegadaian Jelang Lebaran

Kompas.tv - 29 April 2022, 20:52 WIB
ingin-bergaya-di-hari-raya-emak-emak-di-bantul-tebus-emas-di-pegadaian-jelang-lebaran
Ilustrasi PT Pegadaian. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Menjelang Lebaran, emak-emak di Bantul menyerbu pegadaian. Bukan untuk menggadaikan barang, mereka justru ingin menebus perhiasan.

Sunarni jadi salah satu emak yang datang ke pegadaian di Bantul untuk menebus perhiasan emasnya. Perempuan berusia 43 tahun itu pernah menggadaikan gelang emas seberat empat kilogram.

“Dulu saya gadaikan Rp1 juta untuk modal jualan online. Sekarang sengaja ditebus buat dipakai pas Lebaran,” ujarnya, Kamis (28/4/2022).

Warga Bantul itu bersyukur dengan keberadaan pegadaian yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh pinjaman. Ia tetap akan datang ke pegadaian saat membutuhkan dana cepat dengan proses yang mudah.

Baca Juga: Permintaan Kredit Di Pegadaian Meningkat

Menurut Pimpinan Cabang Pegadaian Bantul Kuntari, menjelang Lebaran, aktivitas di pegadaiannya didominasi tebusan perhiasan emas. Tren ini menunjukkan, orang kerap menggadaikan emas dan kembali menebusnya untuk dipakai saat Lebaran.

“Yang paling lama perhiasan yang digadaikan sejak empat bulan lalu, tapi ada juga yang baru menggadaikan bulan lalu dan sekarang ditebus,” ucapnya.

Dengan banyaknya warga yang menebus perhiasan, hampir setiap hari Pegadaian Bantul menyetor uang hasil transaksi ke bank. Tidak tanggung-tanggung, nominal yang disetor ke bank mencapai Rp250 juta.

Selain didominasi warga yang menebus perhiasan emas, Pegadaian Bantul juga melayani warga yang menggadaikan barang menjelang Lebaran. Kebanyakan barang yang digadaikan berupa ponsel, laptop, dan sepeda motor.

"Menjelang Lebaran ini juga sepeda motor lumayan banyak yang masuk, karena akan ditinggal mudik," tuturnya.

Baca Juga: PT Pegadaian Buka Program Mudik Gratis, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Selama Lebaran, Pegadaian Bantul libur mulai 29 April hingga 8 Mei 2022. Akan tetapi, kantor Pegadaian Cabang Bantul membuka layanan khusus gadai pada 4 sampai 6 Mei 2020.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x