Kompas TV advertorial

Vona, Brand Lokal yang Mampu Bersaing dengan Brand Internasional di Kanal LazMall Lazada

Kompas.tv - 29 April 2022, 16:39 WIB
vona-brand-lokal-yang-mampu-bersaing-dengan-brand-internasional-di-kanal-lazmall-lazada
Violetta Affandi, founder merek lokal Vona yang bergerak di industri tas, sepatu, dan dompet berbahan kulit sintetis. (Sumber: Dok. Lazada)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Siapa bilang merek lokal tidak mampu bersaing dengan brand internasional? Kini kesempatan untuk bertumbuh, mendominasi pasar lokal, hingga menembus pasar regional tidak lagi menjadi hal yang mustahil bagi merek lokal Indonesia.

Terlebih dengan kehadiran e-commerce yang menawarkan akses dan kemudahan bagi brand dan penjual lokal Indonesia, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk memperkenalkan produk dan brand-nya, memperluas pasar, dan bertumbuh secara berkelanjutan.

Hal ini dibuktikan oleh pasangan suami istri Violetta Affandi dan Fejri Muzakky melalui Vona, sebuah usaha produk berbahan dasar kulit sintetis untuk pria dan wanita seperti tas, sepatu, dan dompet yang kini telah berhasil menembus pasar dan bahkan masuk kanal LazMall di Lazada.

Bermula dari keinginan pasangan ini memulai hal baru, Vona kini telah memiliki konsumen yang tersebar tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Kira-kira seperti apa perjalanannya dalam membangun brand lokal ini? Simak ceritanya!

Menjadi entrepreneur adalah keinginan yang telah dipendam Violetta dan Fejri sejak lama. Setelah memutuskan pindah ke Bali, Violetta dan suami mendapati banyak pengrajin yang kehilangan pekerjaan sejak tragedi Bom Bali.

Pasangan ini menemukan banyak kesempatan untuk membina para pengrajin. Mulailah perjalanan mereka dalam membangun usaha yang sekaligus dapat memberdayakan para pengrajin di komunitas sekitarnya.

Dimulai dari mempelajari teknis desain secara otodidak, serta mempelajari tipe tas, teknik menjahit, dan material yang bagus, Violetta dan suami akhirnya melahirkan Vona dengan bantuan para pengrajin di Bali di tahun 2013.

Nama Vona sendiri diambil dari kata von dari bahasa Islandia yang memiliki arti ‘harapan’ untuk menggambarkan keinginan menggapai sukses di masa depan. Vona menjual produk berbahan dasar kulit sintetis seperti tas, sepatu, dan dompet untuk pria dan wanita berkualitas premium.

Kisah Violetta dan Fejri dalam membangun brand Vona

Fejri Muzakky, pendiri Vona mengatakan, “ketika kita membangun sebuah bisnis, kita harus mampu membaca situasi dan memahami permintaan pasar. Awal mulanya, saya membangun Vona dengan mode bisnis berdasarkan preferensi saya sendiri. Tapi saya menyadari bahwa tidak semua hal yang saya sukai sejalan dengan permintaan konsumen”.

“Setelah melalui proses trial and error dan memahami keinginan pasar, kini kami bangga dapat memberikan produk yang dibutuhkan dan dicari oleh konsumen. Saat ini Vona mampu mencapai rata-rata 200-300 penjualan per hari di Lazada, dan bahkan bisa mencapai ribuan penjualan di saat ada promo,” lanjut Fejri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.