Kompas TV regional berita daerah

Lancarkan Arus Mudik Lebaran, Jembatan Kretek 2 Bantul Dibuka Sementara

Kompas.tv - 29 April 2022, 14:48 WIB
lancarkan-arus-mudik-lebaran-jembatan-kretek-2-bantul-dibuka-sementara
Jembatan Kretek 2 Bantul di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) bakal dibuka sementara selama libur Lebaran. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jembatan Kretek 2 Bantul di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) bakal dibuka sementara selama libur Lebaran. Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul mengambil kebijakan ini untuk memperlancar arus lalu lintas pemudik dan wisatawan.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi, jembatan Kretek 2 Bantul yang menghubungkan kawasan pantai di timur dan barat akan dibuka mulai 29 April sampai 6 Mei 2022 dan bisa dilalui mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

“Jembatan Kretek 2 ini belum selesai sepenuhnya, jadi yang bisa dilalui cuma setengah jalur,” ujarnya, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: 6 Tempat Layanan Vaksinasi di Bantul selama Libur Lebaran, Cek Jadwalnya

Jembatan Kretek 2 sepanjang dua kilometer ini bisa menjadi jalur alternatif pemudik dari arah barat yang akan menuju wilayah Gunungkidul DIY, Wonogiri Jawa Tengah dan sekitarnya dan bisa dilalui dari JJLS. Jalur in diharapkan bisa mengurangi kepadatan di Jalan Jogja-Wonosari dan Jalan Parangtritis.

“Kami juga siapkan petunjuk arah dari Srandakan dan Jalan Jogja-Wates serta Jalan Parangtritis,” ucapnya.

Kendati demikian, ia tidak menampik jika keindahan alam juga terlihat dari Jembatan Kretek 2. Ada kekhawatiran pengendara yang melintas berhenti di jembatan dan berswafoto.

“Dishub menempatkan personel supaya pengendara tidak berhenti saat melintas Jembatan Kretek 2,” tuturnya.

Sementara, Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiyabudi menyatakan JJLS akan menjadi jalur pengurai di Jalan Parangtritis yang diperkirakan mulai padat pada H+1 lebaran. Ia akan merekayasa lalu lintas.

Baca Juga: Tak Cuma di 13 Ruas Jalan, Ganjil Genap Juga Tak Berlaku di Lokasi Wisata Jakarta saat Libur Lebaran

“Kepulangan wisatawan yang dari Parangtritis akan diarahkan ke JJLS melalui Jembatan Kretek 2 dan akan keluar melewati Jalan Bantul,” kata Gunawan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.