Kompas TV nasional politik

PKS: Pemerintah Harus Segera Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran 2022

Kompas.tv - 29 April 2022, 08:34 WIB
pks-pemerintah-harus-segera-stabilkan-harga-kebutuhan-pokok-jelang-lebaran-2022
Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri saat berbincang dengan Kompas TV di Gedung DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021). PKS meminta pemerintah segera menstabilkan harga kebutuhan pokok jelang Lebaran 2022. (Sumber: Humas DPP PKS)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri meminta kepada pemerintah untuk segera mengeluarkan kebijakan yang fundamental agar harga kebutuhan pokok di Indonesia kembali normal jelang perayaan Lebaran 2022. 

Menurut dia, pemerintah terkesan lamban dalam menangani persoalan melambungnya kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut.

Sebab, hingga memasuki akhir Ramadan, harga sejumlah barang justru melambung tinggi. 

Baca Juga: Alamak, Jelang Lebaran Harga Daging Sapi Diprediksi Bakal Tembus Rp200.000 Per Kg!

“Belum ada langkah-langkah yang fundamental dilakukan oleh pemerintah untuk mengamankan harga bahan kebutuhan pokok, bahkan sebaliknya pemerintah justru mengeluarkan kebijakan menaikkan beberapa harga bahan penting lainnya," kata Salim dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS.TV, Jumat (29/4/2022). 

Salim merujuk survei Litbang Kompas yang menunjukkan 66,3 persen menilai pemerintah tak mampu mengendalikan kenaikan harga kebutuhan pokok termasuk sembako saat Ramadan. 

"Kita menggambarkan kondisi masyarakat saat ini, ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, dua tahun berjuang untuk bisa bertahan dari ancaman PHK, pengurangan penghasilan, tutupnya usaha yang dijalankan, akibat dampak pandemi," ujar Salim Segaf.

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu menyebut, kenaikan harga kebutuhan pokok itu sudah berlangsung sejak September 2021 lalu hingga saat ini. 

"Sehingga seolah-olah pemimpin tidak hadir menyelesaikan persoalan yang tengah dihadapi oleh masyarakat," katanya. 

Baca Juga: Harga Daging Ayam dan Sapi Terus Merangkak Naik Jelang Idul Fitri

Seperti diketahui, menjelang Hari Raya Idulfitri, harga daging sapi melonjak hingga mencapai Rp180.000 per kg. Mengutip data dari laman infopangan.jakarta.go.id, harga daging sapi Rabu (27/4) lalu rata-rata sebesar Rp152.558 per kg di Jakarta.

Harga terendah berada di Pasar Tanah Abang sebesar Rp130.000 per kg dan harga tertinggi ada di Pasar Senen sebesar Rp180.000 per kg.

Sementara berdasarkan data Pusat Harga Pangan Strategis Nasional untuk tanggal yang sama, harga daging sapi kualitas 1 tertinggi ada di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, sebesar Rp173.000 per kg.

Tak hanya itu, kenaikan harga kebutuhan bahan pokok juga terjadi di Kota Surabaya, seperti daging ayam.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Sumatera Utara Naik hingga Rp160.000

Normalnya harga daging ayam dijual dengan harga Rp32 ribu per kilogram. Namun sejak awal puasa terus mengalami kenaikan secara bertahap.

Bahkan jelang Lebaran ini harga daging ayam mencapai Rp40 ribu per kilogram.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x