Kompas TV nasional peristiwa

Cerita Pemudik di Merak Jalan Kaki 5 Km ke Toilet, Tol Jakarta-Cikampek Penuh Sesak Jelang Sahur

Kompas.tv - 28 April 2022, 18:24 WIB
cerita-pemudik-di-merak-jalan-kaki-5-km-ke-toilet-tol-jakarta-cikampek-penuh-sesak-jelang-sahur
Ilustrasi: Kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten. (Sumber: KOMPAS.COM/RASYID RIDHO)
Penulis : Fadhilah | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelabuhan Merak menjadi salah satu titik kemacetan saat mudik Lebaran 2022. Pada Kamis (28/4/2022), tampak kepadatan kendaraan yang hendak menyeberang di Pelabuhan Merak belum juga terurai.

Bahkan, pada H-4 jelang Lebaran ini, kepadatan semakin parah. Penumpukan kendaraan tak hanya terjadi di area pelabuhan, tetapi juga sampai ke Gerbang Tol Merak. 

Salah seorang pemudik, Ridho (32), terjebak macet di Gerbang Tol Merak pada Kamis pagi tadi. Warga Depok ini sengaja berangkat dari rumahnya sejak Selasa dini hari untuk menghindari kemacetan.

Perjalanannya lancar hingga akhirnya mobil yang dikendarainya tak bergerak saat mendekati pintu keluar Tol Merak, sekitar pukul 03.20 WIB. 

Baca Juga: Fakta Kemacetan Mudik di Tol Jakarta-Cikampek hingga Ganjil Genap dan One Way Mulai Sore Ini

"Itu posisinya sekitar 5 kilometer lagi dari pintu keluar tol. Sama sekali tak bergerak karena katanya ada sistem buka tutup," kata Ridho sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Kamis. 

Ridho yang hendak pulang ke Bandar Lampung ini bisa memaklumi kondisi kemacetan itu karena ia menyadari jumlah pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera membludak. 

Namun, Ridho menyayangkan ketiadaan fasilitas toilet mobile yang tersedia di dekat titik kemacetan itu.

Ia harus berjalan sejauh 5 kilometer ke gerbang tol untuk buang air.

"Toilet baru tersedia di gerbang tol. Tidak ada toilet mobile, terpaksa jalan kaki," kata dia. 

Ridho yang berangkat mudik bersama istri dan anaknya yang masih balita ini berharap, ke depannya, pihak pengelola tol bisa menyiapkan toilet mobile di titik-titik kemacetan. 

Baca Juga: Pengguna Jasa Kapal di Pelabuhan Merak Membeludak, Penumpang Meningkat Lebih dari 100 Persen

Selain itu, penjualan BBM mobile di sekitar tol juga diperlukan agar pengendara tidak kehabisan BBM saat terjebak kemacetan di jalan tol. 

Sebelumnya, Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandala Sakti Uswatun Hasanah selaku pengelola tol mengakui adanya antrean kendaraan di pintu tol Merak. 

Ia menyebut antrean yang sampai ke tol itu imbas dari padatnya kendaraan di Pelabuhan Merak. 

"Antrean panjang di Pelabuhan Merak, yang mengakibatkan ekor antrean kendaraan sampai memasuki Tol Merak mulai Rabu (27/4/2022) jam 23.55 WIB," kata Uswatun.

Uswatun menjelaskan, panjang antrean di dalam tol pada Kamis (28/4/2022) pukul 03.27 sampai dengan Km 93. Namun, pada pukul 04.30 WIB, mulai menyusut ke Km 96.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x