Kompas TV cerita ramadan amalan

Doa Sapu Jagat, Sering Dipanjatkan Nabi di Malam Lailatul Qadar

Kompas.tv - 29 April 2022, 04:05 WIB
doa-sapu-jagat-sering-dipanjatkan-nabi-di-malam-lailatul-qadar
Inilah doa sapu jagat yang sering dipanjatkan Nabi saat malam lailatul qadar. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bacaan Doa sapu jagat ini merupakan salah satu doa yang paling sering dibaca oleh Rasulullah SAW dalam hidupnya. Terlebih ketika memasuki 10 hari terakhir Ramadan, ketika malam-malam lailatul qadar turun.

Malam lailatul qadar adalah malam penuh ampunan dan pahala yang lebih baik dari seribu bulan. Waktunya sendiri misterius. Tapi, seperti petunjuk Nabi, lailatul qadar juga turun di malam-malam akhir Ramadan. 

Doa sapu jagat ini termaktub dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh shahih Bukhari tentang doa rutin yang kerap dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. 

Dari Anas, ia berkata, "Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah 'Allahumma, atina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar'." (HR Bukhari dan Muslim).

Doa ini menjadi jadi salah satu doa yang paling sering dibaca Rasulullah. Alasan disebut doa sapu jagat karena doa ini berisikan doa yang menyelimuti kebaikan dunia dan akhirat.

Baca Juga: Inilah Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar, Kenali Perubahannya

Doa Sapu Jagat, Dibaca saat Malam Lailatul Qadar

Dijelaskan oleh Ustaz Ahmad Fathoni situs resmi NU, doa sapu jagat ini juga merupakan doa yang paling sering dibaca pada malam-malam 10 hari terakhir bulan Ramadan, di antara beliau tadarus Al-Qur'an dan ibadah malam-malam. 

Tentu saja, doa sapu jagat ini juga diamalkan oleh kita sebagai muslim ketika beriktikaf maupun ibadah di akhir-akhir Ramadan, khususnya di malam hari. 

Doa yang sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad tersebut, menurut Ustaz Ahmad Fathoni, juga bukan sekadar berarti permohonan untuk memperoleh kebajikan di dunia dan akhirat semata, tetapi juga untuk memantapkan langkah dalam berupaya meraih kebajikan-kebajikan ke depannya.  

Untuk itulah, baiknya doa sapu jagat ini juga dibaca jelang akhir-akhir Ramadan, sebelum Idulfitri tiba, ketika lailatul qadar mungkin turun ke bumi di 10 hari terakhir tersebut. Apalagi, soal waktunya, tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT.  

Bacaan Doa Sapu Jagat

Bacaan Doa sapu jagat agar mendapatkan kebaikan, serta keberkahan dunia dan akhirat (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya: "Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan dunia akhirat. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x