Kompas TV regional berita daerah

Antena Khusus Frekuensi TV Digital

Kompas.tv - 27 April 2022, 14:46 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Peralihan tv analog ke tv digital, mendorong keinginan seorang dosen di bali, untuk menciptakan antena khusus untuk menangkap frekuensi tv digital. Antena ini dirancang agar dapat digunakan semua wilayah. Saat ini rancangan antena masih dalam proses ujicoba. Dengan capaian proses rancangan baru lima puluh persen.

Inilah Putu Ardana, seorang dosen elektro, di Universitas Udayana, bali. Putu Ardana mengampu mata kuliah khusus tentang antena. Menyambut analog switch off, aso, penghentian siaran tv analog ke tv digital, dosen elektro ini, kini sedang merancang antena khusus tv digital. Sebelumnya Putu Ardana juga telah merancang berbagai antena tv analog. Proses pembuatan rancangan hingga prototype antena khusus tv digital ini telah dilakukan selama satu tahun. Proses rancangan baru mencapai lima puluh persen.

Putu Ardana yang merupakan lulusan ITB ini, merancang antena khusus tv digital ini, menyesuaikan dengan karakter frekuensi tv digital. Antena khusus tv digital, ini dirancangan agar lebih sederhana, dan dapat digunakan diberbagai wilayah dengan kekuatan daya tangkap signyal lebih baik dari antena tv analog. Selain itu, antena khusus tv digital ini, juga dirancang agar lebih aman dalam cuaca ekstrim, hujan dan petir.

Prototype antena khusus tv digital ini, telah di uji coba diberbagai daerah, seperti badung, tabanan dan buleleng. Saat melakukan uji coba di wilayah buleleng bali, antena ini belum dapat berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan topografi buleleng yang berbukitan dan letak pemancar multiplekser tv digital di buleleng yang tersebar diberbagai titik yang tidak terpusat. Butuh penyempurnaan antena sehingga bisa digunakan di berbagai wilayah.

Dalam rancangan, antena khusus tv digital ini, nilai ekonomis pun mejadi pertimbangan. Sehingga warga dapat menggunakan antena tv digital, dengan kwalitas yang baik dan murah. Rancangan antena khusus tv digital ini, akan segera dirampungkan, mengingat bali, akan memulai penghentian siaran tv analog pada tanggal 30 April 2020.

 

 

 

 

#universitasudayana #tvdigital #itb

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x