Kompas TV nasional politik

Kepuasan Publik terhadap Ma ruf Amin Turun, Jubir Wapres: Itu Lecutan Buat Kami

Kompas.tv - 27 April 2022, 14:04 WIB
kepuasan-publik-terhadap-ma-ruf-amin-turun-jubir-wapres-itu-lecutan-buat-kami
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin dalam sebuah acara. Beliau juga menyebut, salah satu faktor produksi halal kita bisa mendunia adalah gaya hidup halal (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi menyatakan, survei yang menunjukkan tingkat kepuasan terhadap Ma’ruf Amin turun akan menjadi lecutan untuk bekerja lebih giat lagi.

Demikian Masduki Baidlowi merespons Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin menurun atau 45,2 persen.

"Ketika misalnya (tingkat kepuasan) di bawah 50 persen, ya sudah seperti yang saya bilang, itu lecutan buat kami untuk terus bekerja," kata Masduki sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Hingga saat ini, Masduki menyampaikan Wapres terus bekerja keras dalam menangani isu-isu yang ditugaskan kepadanya, antara lain soal penanganan Papua, pengentasan kemiskinan, maupun mengatasi stunting.

Baca Juga: Survei IPI: Kepuasan Publik terhadap Ma’ruf Amin Cuma 45,2 Persen karena Kerjanya Tidak Nampak

Bagi Masduki, jika Wapres tampak seolah tidak kerja dan kurang mendapat sorotan publik, itu dikarenakan eksekusi terkait isu-isu tersebut berada di tangan setiap kementerian dan lembaga terkait, sedangkan Ma'ruf hanya bertugas mengoordinasikan.

Dalam keterangannya, Masduki pun menuturkan adanya gap yang cukup lebar antara Wapres dan Presiden Jokowi terkait kepuasan publik sebagai hal lumrah.

"Yang namanya presiden dan wakil presiden selalu ada gap ya, agak jauh ya, saya bersyukur lah kalau ada gap itu. Jangan sampai yang namanya wakil presiden menyamai presiden dalam hal kepuasannya," ujar Masduki.

Sebelumnya, Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin menurun.

Jika pada hasil survei Februari 2022 kepuasannya mencapai 52,9 persen, kali ini hanya berada di angkat 45,2 persen.

"Pak Kiai Ma'ruf itu total hanya 45,2 persen yang sangat puas dan puas, di bawah 50 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi.

Baca Juga: Survei Indikator Politik: Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Kini Hanya 59,9 Persen

Dengan rincian 42,8 persen responden mengaku cukup puas dengan kinerja Ma’ruf Amin dan 2,4 persen lainnya mengatakan sangat puas.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei, publik yang kurang puas terhadap kinerja Ma'ruf mencapai 36,0 persen dan tidak puas sama sekali sebanyak 9,4 persen.

"Gap antara kepuasan Pak Jokowi sebagai presiden dengan Pak Kiai Maruf sebagai wapres itu lebar," ucap Burhanuddin.

Tapi, kata Burhanuddin, fenomena lebarnya gap antara angka kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi dengan Ma'ruf tidak sekali ini saja terjadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.