Kompas TV cerita ramadan kalam

Inilah Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar, Kenali Perubahannya

Kompas.tv - 27 April 2022, 11:18 WIB
inilah-orang-yang-mendapatkan-lailatul-qadar-kenali-perubahannya
Ciri orang mendapatkan Lailatul Qadar, apa saja? (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Puasa Ramadan sudah memasuki hari ke-25, artinya untuk mendapatkan Lailatul Qadar tinggal beberapa hari lagi jelang Idul Fitri. Lantas, bagaimana ciri orang yang telah mendapatkannya?

Lailatul Qadar adalah malam istimewa, penuh ampunan, serta malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Diyakini waktunya adalah di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Dr. KH Usman Jasad dari Majelis Ulama Sumsel memberikan penjelasan terkait orang-orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar ini.

Firman Allah SWT: Sesungguhnya Kami menurunkan Alquran pada malam lailatulqadar, tahukah engkau apakah malam lailatul qadar itu? Malam lailatulqadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar.”(Q.S Al-Qadr 1-4).

“Orang yang mendapatkan lailatulqadar seperti orang beribadah selama 1000 bulan. Dan, pada malam itu malaikat akan turun untuk mendengar doa dan mengabulkan permintaan seseorang hamba,” tuturnya dikutip di situs resmi MUI.

Berikut ini merupakan tanda orang yang mendapatkan malam lailatu Qadar. Kenali perubahannya, sebab orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan lebih baik dalam hidupnya.

Baca Juga: 6 Ciri Malam Lailatul Qadar Sudah Terjadi, Berdasarkan Hadis Nabi

Empat Ciri Orang Mendapatkan Lailatul Qadar

Pertama,  Kian meningkat ketakwaannya kepada Allah SWT.

Seorang yang mendapatkan lailatulqadar akan semakin meningkat ketakwaannya dan ketundukan kepada Allah SWT.

Kedua, Nikmat dalam beribadah.

Orang yang mendapatkan malam lailatul qadar akan merasakan nikmat dan tenang dalam setiap salat dan ibadah lainya.

Ketiga, Berusaha untuk menjadi yang terbaik.

“Laitaul qadar menjadikan seorang berubah menjadi lebih baik terutama hubungannya dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia,” tambahnya.

Keempat, ia lebih gemar mentadabburi Alquran

Salah satu ciri seorang mendapatkan lailatulqadar ialah selalu mentadaburi Alquran atau berusaha untuk memahami dan mengamalkan isi Alquran karena di bulan Ramadan Alquran diturunkan oleh Allah SWT.

itulah ciri-ciri orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar. Masih ada beberapa hari dan kita bisa meningkatkan ibadah di bulan suci ini hingga Idul Fitri tiba. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x