Kompas TV cerita ramadan tradisi

Pemudik Disarankan Gunakan Jalur Pansela dan Mudik Lebih Awal untuk Hindari Kemacetan

Kompas.tv - 27 April 2022, 04:15 WIB
pemudik-disarankan-gunakan-jalur-pansela-dan-mudik-lebih-awal-untuk-hindari-kemacetan
Foto ilustrasi kemacetan saat mudik di Jalan Tol. (Sumber: KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran di Pulau Jawa disarankan untuk menggunakan jalur Pantai Selatan (Pansela) karena jalur Pantai Utara (Pantura) diperkirakan akan ramai.

Selain itu, pemudik juga dianjurkan untuk mudik lebih awal guna menghindari kemacetan. Hal itu disampaikan juru bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, Selasa (26/4/2022).

"Bahwa kita tidak hanya gunakan jalur Pantura, tapi tambah Pansela. Pulau Jawa sudah terhubung mulai dari Banten sampai Pacitan 1.242 km sudah terhubung semua,” kata Endra seperti dikutip Antara.

“Kecuali ada sedikit tidak bisa dilalui angkutan berat, bus, di Cilacap-Karang Bolong. Tapi kendaraan pribadi bisa," sambungnya.

Baca Juga: Jalur Jakarta-Semarang Diprediksi Jadi Rute Tersibuk di Masa Mudik Lebaran 2022

Pemerintah, kata Endra, telah menyiapkan jalur alternatif mudik melalui Pansela sekaligus untuk memperkenalkan tujuan-tujuan wisata di wilayah selatan pulau Jawa, mulai dari Sukabumi, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, Wonogiri, dan seterusnya.

"Sekaligus kampanye destinasi wisata baru, karena khawatir Pantura overload, jadi kami siapkan jalur baru,” ujarnya.

“Di Sumatera juga begitu, jalan nasionalnya kita siapkan dari lintas barat, lintas tengah, lintas timur selain jalan tol," lanjut Endra.

Sementara CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kris Ade Sudiyono menyarankan masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik Lebaran dengan bijak agar terhindar dari macet.

"Semua pihak harus menyadari dengan adanya distribusi mudik dalam waktu tidak bersamaan itu adalah solusi. Kampanye mudik lebih awal harus terus dikampanyekan,” ungkap Kris Ade.

“Hari ini, dan juga besok kondisinya masih lancar. Jangan numpuk di puncak mudik. Rencanakan mudik awal adalah pilihan bijak," katanya lagi.

Baca Juga: Jasa Marga Beberkan Titik Tol yang Harus Diantisipasi Pemudik, Ini Daftarnya

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi jalur Jakarta-Semarang akan menjadi rute tersibuk dan paling banyak dilalui pemudik pada periode mudik Lebaran tahun ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi catatan kesiapan infrastruktur dan sarana serta prasarana di jalur tersebut.

“Jadi kita memberikan suatu catatan bagi prasarana yang ada, terutama di Jakarta sampai ke Semarang,” kata Budi dalam program B-Talk Kompas TV, Selasa (26/4) malam.

“Karena memang kita sudah memetakan bahwa tempat yang paling sibuk atau paling banyak itu Jakarta ke Semarang, sedangkan yang lain tidak terjadi.”

Baca Juga: Siap Mudik Lebaran 2022, Ini Daftar Rest Area yang Punya SPBU di Tol Trans Jawa

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x