Kompas TV nasional mudikgesit

Menko PMK Imbau Pemudik Lewat Pelabuhan Merak Berangkat Lebih Awal: Jangan Tunggu Puncak Mudik

Kompas.tv - 26 April 2022, 16:15 WIB
menko-pmk-imbau-pemudik-lewat-pelabuhan-merak-berangkat-lebih-awal-jangan-tunggu-puncak-mudik
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy (Sumber: KOMPAS/PRIYOMBODO)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau, kepada pemudik yang menyeberang lewat Pelabuhan Merak ke Bakauheni tidak menunggu puncak arus mudik Lebaran.

Pernyataan itu disampaikannya saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (26/4/2022).

"Kepada calon pemudik, terutama yang ingin menyeberang supaya dalam memanfaatkan dua atau tiga hari ini, untuk segera menyeberang," ujar Muhadjir Effendy.

Terlebih, lanjut Menko PMK, pemerintah sudah menyediakan fasilitas dan kemudahan bagi calon pemudik lebaran 2022.

Antara lain yaitu dengan menerapkan harga lebih murah untuk tiket penyeberangan pada siang hari dibandingkan malam hari.

Baca Juga: Kapolri Harap Pemudik Tak Takut Begal karena Polisi Siapkan Pengawalan Mudik

"Jangan menunggu puncak mudiknya, dengan berbagai macam fasilitas, kalau melakukan penyeberangan pada siang hari harga tiketnya juga berbeda dengan harga tiket malam," katanya.

Disamping itu, Muhadjir menambahkan, melakukan penyeberangan sejak awal dapat menghindari kepadatan lalu lintas.

"Ini yang harus kita sampaikan kepada masyarakat agar penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dalam rangka mudik Lebaran ini berjalan mulus, tidak terkendala dan mudah-mudahan Gunung Anak Krakatau tidak bermasalah, sehingga semuanya bisa berjalan lancar," kata Muhadjir Effendy.

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK Muhadjir Effendy pun berharap semua pihak kompak untuk menyiapkan mudik tahun 2022, khususnya penyeberangan dari Merak ke Bakauheni, dan ketika arus balik dari Bakauheni ke pelabuhan Merak.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x