Kompas TV nasional berita utama

Kapolri Harap Pemudik Tak Takut Begal karena Polisi Siapkan Pengawalan Mudik

Kompas.tv - 26 April 2022, 15:41 WIB
kapolri-harap-pemudik-tak-takut-begal-karena-polisi-siapkan-pengawalan-mudik
Kapolri Jenderal Listyo Sigit. (Sumber: Antara )
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyiagakan tim atau satgas yang siap mengawal para pemudik di wilayah-wilayah rawan begal saat melakukan perjalanan di Sumatera.

Hal ini disampaikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (26/4/2022).

"Hari ini, Selasa (26/4/2022), dipaparkan oleh wilayah Polda Banten dan Lampung bahwa di wilayah Lampung sudah disiapkan tim atau satgas yang khusus untuk mengawal terkait kemungkinan terjadinya aksi-aksi begal,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Baca Juga: 28 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Senen dan Gambir Hari Ini

Dia berharap masyarakat tak lagi cemas dan takut untuk melakukan mudik. Sebab, Polri dan seluruh pemangku kepentingan akan menyiapkan pengawalan terhadap masyarakat untuk melindungi dari begal.

"Dengan demikian masyarakat yang akan mudik, khususnya di waktu-waktu jam rawan, ada satgas yang siap untuk mengawal sehingga masyarakat bisa mudik dan selamat sampai di rumah," katanya.

Kapolri juga menyampaikan bahwa pengawalan akan disiapsiagakan baik siang maupun malam. Pantauan dan perlindungan dari polisi akan sama terhadap semua masyarakat yang melaksanakan mudik di waktu kapan pun.

Baca Juga: Faktor Keamanan dan Takut Begal, Alasan Pemudik Pilih Nyebrang di Pelabuhan Merak Malam Hari

Menurut Kapolri, pengawalan mudik perlu disosialisasikan agar masyarakat merasa aman dan nyaman, kapan pun melakukan perjalan mudik. Sehingga, potensi kemacetan atau penumpukan pemudik saat arus mudik Lebaran 2022 bisa diurai.

Sebelumnya, berdasarkan data yang dirilis ASDP Cabang Merak, hingga H-7 Lebaran 2022, jumlah penumpang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni tercatat 44.281 orang.

Baca Juga: Kapolri dan Menteri Pantau Pelabuhan Merak, Prediksi Puncak Arus Mudik H-3 Lebaran

Jumlah tersebut terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 2.054 orang dan penumpang di dalam kendaraan 42.227 orang. Sedangkan kendaraan yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni tercatat sebanyak 9.837 kendaraan.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x