Kompas TV cerita ramadan tradisi

Kisah Unik Masjid di Inggris Ajak NonMuslim Buka Bersama dan Keliling

Kompas.tv - 26 April 2022, 11:54 WIB
kisah-unik-masjid-di-inggris-ajak-nonmuslim-buka-bersama-dan-keliling
Masjid di Bolton yang bikin acara buka puasa bersama (Sumber: The Bolton News)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah masjid di kota Bolton, Inggris, mengajak orang-orang untuk ikut iftar atau buka puasa bersama. Namun, tidak hanya orang muslim saja, melainkan semua orang termasuk nonmuslim diundang untuk makan bersama.  

Nama masjid itu adalah Masjid Zakariyya Jaam'e, masjid terbesar di Bolton, salah satu kota besar yang berjarak 16 mil d dari kota Manchester, Inggris.

Masid ini bekerja Dewan Masjid Bolton (BCOM) pada hari Senin (26/4/2022) bertindak sebagai penyelengara, sekaligus jadi tuan rumah acara buka puasa dan mengundang banyak orang.

Dikutip dari The Bolton News, tujuan acara ini adalah memberi orang lebih banyak wawasan tentang bulan suci umat Islam.  Selain itu, para tamu yang datang juga diperbolehkan untuk melihat-melihat dalam masjid.

Acara itu pun berlangsung semarak. Banyak orang datang, mulai dari  para pimpinan kota, termasuk pemimpin dewan, Penasihat Martyn Cox, Kepala Eksekutif Rumah Sakit Bolton, Fiona Noden, Kepala Kepolisian Manchester hingga warga. 

Acara dibuka oleh pengurus lantas dilanjutkan dengan ceramah keutamaan Ramadan oleh Maulana Talha, imam masjid setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Maulana Talha, berbicara tentang pentingnya bulan puasa bagi umat Islam, sekaliugs ia menjadi tuan rumah tur masjid dan mengundang orang-orang untuk makan berbuka puasa.

Baca Juga: Terinspirasi Taj Mahal, Seorang Mualaf Bangun Masjid Megah di Sunter Sebagai Wujud Cinta Keluarga

Ramadan, Momentum Menyatukan Kota Bolton

Maulana Talha yang juga juru Bicara Dewan Masjid London (BCOM) juga menyatakan, bulan Ramadan adalah bulan istimewa yang menyatukan keluarga serta komunitas agama-agama di Bolton.

“Bulan Ramadhan menyatukan keluarga dan komunitas dan ini adalah periode kami untuk saling berefleksi bersama,” paparnya.

“Ini memungkinkan antara komunitas bisa saling mengulurkan tangan sebagi tanda kepedulian dan kebaikan kepada orang-orang dari agama yang berbeda,” imbuhnya.

Ia mengatakan, momen seperti buka puasa bersama ini adalah kehormatan nyata bagi muslim seperti dirinya, apalagi terjadi di bulan suci.

“Menyatukan mereka adalah suatu kehormatan nyata yang menunjukkan persatuan dan kohesi komunitas yang kuat di Bolton. Kami bangga dengan apa yang kami capai dan akan terus berusaha melayani masyarakat bersama-sama,” paparnya.

Sekilas Masjid Zakariyya Jaam'e kota Bolton

Dikutp dari situs resmi Masjid Zakariyya Jaam'e, masjid ini merupakan masjid terbesar di usat kota Bolton. Masjid ini juga sebagai pusat perkembangan dan budaya Islam di London (Islamic Cultural College) dan menjadi tempat kumpul muslim di sana.

Masjid ini juga memainkan peran penting dalam menyatukan dan melayani semua Muslim di kota.

Daya tampug kapasitas ini juga besar, yani bisa mencapai Ini menampung kapasitas hingga 3.000 jamaah. Masjid ini sekaligus sebagai titik kontak bagi banyak kelompok, lembaga dan otoritas lokal tentang berbagai masalah di wilayah Bolton.

Selain memfasilitasi muslim untuk ibadah sehari-hari, ia menyediakan pendidikan Islam untuk anak-anak dan orang dewasa di daerah sekitarnya. Hal-hal praktis terkait muslim, seperti kelahiran, pernikahan dan pemakaman juga diatur di masjid ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x