Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Greenpeace Cegat Kapal Tanker Rusia di Pesisir Norwegia, Dianggap Biayai Perang di Ukraina

Kompas.tv - 25 April 2022, 23:03 WIB
greenpeace-cegat-kapal-tanker-rusia-di-pesisir-norwegia-dianggap-biayai-perang-di-ukraina
Aktivis Greenpeace mencegat kapal tanker Ust Luga yang membawa 95.000 ton minyak Rusia di lepas pantai selatan Norwegia, Senin (25/4/2022). (Sumber: Ole Berg-Rusten/NTB via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

OSLO, KOMPAS.TV - Aktivis Greenpeace mencegat kapal tanker Rusia yang hendak menurunkan muatan di terminal milik Esso, perusahaan energi asal Norwegia di Asgardstrand, pesisir selatan Norwegia, Senin (24/4/2022).

Aksi Greenpeace tersebut ingin mengadang penjualan minyak Rusia yang dituduh membiayai perang di Ukraina.

Greenpeace menyebut perusahaan-perusahaan Norwegia “membiayai perang Rusia” karena masih membeli minyak dari Rusia usai negara itu menginvasi Ukraina.

Baca Juga: Kapal Tanker PT Pertamina Dicegat Greenpeace di Lepas Pantai Denmark

Aktivis Greenpeace dilaporkan merantai dirinya ke Ust Luga, kapal yang teregistrasi di Hong Kong dan dipakai oleh Novatek, perusahaan minyak asal Rusia.

Kapal tanker Ust Luga diketahui memuat minyak 95.000 ton. Kapal ini bertolak dari St. Petersburg, Rusia menuju Norwegia.

Juru bicara Esso, Anne Fougner menyebut puluhan ribu ton minyak itu dibeli dari Rusia sebelum invasi ke Ukraina diluncurkan.

Kepada surat kabar Dagbladet, Fougner menyampaikan bahwa Esso Norwegia “tidak punya kontrak lain terkait pembelian produk (energi) dari Rusia.”

Menurut laporan kantor berita NTB, sejumlah aktivis lain berupaya ikut terlibat dalam aksi penyetopan kapal tanker tersebut. Namun, mereka dihentikan oleh kepolisian Norwegia.

Baca Juga: Zelensky Minta Uni Eropa Embargo Minyak Rusia: Demi Hentikan Perang

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x