Kompas TV nasional politik

Hasil Survei, Ini Deretan Provinsi yang Mayoritas Pilih Ganjar untuk Gantikan Jokowi

Kompas.tv - 25 April 2022, 21:03 WIB
hasil-survei-ini-deretan-provinsi-yang-mayoritas-pilih-ganjar-untuk-gantikan-jokowi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan cukur gundul sebagai bentuk dukungan dan kepeduliannya terhadap anak-anak pejuang kanker, Senin (28/2/2022). (Sumber: Kompas TV/Nurul Fitriana)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga survei Charta Politika Indonesia melakukan simulasi pemilihan presiden atau Pilpres dengan menyajikan sejumlah nama sebagai calon presiden atau capres.

Hasilnya, mayoritas responden di Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menggantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo

Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas Ganjar di Jawa Tengah dan Yogyakarta menempati posisi teratas dengan perolehan 66,5 persen suara.

Sementara di Jawa Timur, Ganjar juga masih memperoleh dukungan terbanyak dengan torehan sebanyak 27,9 persen suara.

Kemudian, di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, suara Ganjar Pranowo juga masih unggul dengan perolehan 45 persen suara.

"Dengan demikian, suara Ganjar di tiga wilayah itu paling unggul dibandingkan tokoh-tokoh lainnya," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya di Jakarta pada Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Nasib Polisi di Bogor yang Tilang Pengendara Motor Rp2,2 Juta, Kini Ditahan dan Terancam Dipecat

Tokoh-tokoh lain Itu antara lain  Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Erick Thohir, Prabowo Subianto, Puan Maharani, Ridwan Kamil, Sandiaga S. Uno, dan Khofifah Indar Parawansa.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapat mayoritas dukungan dari responden di Sumatera, Jawa Barat, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Elektabilitas Prabowo di Sumatera masih menempati posisi teratas dengan raihan angka 29,2 persen suara, kemudian di Jawa Barat 31,4 persen, Sulawesi 34,4 persen, lalu Maluku dan Papua 28 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x