Kompas TV nasional peristiwa

Gunung Anak Krakatau Meletus, Pelayaran Merak-Bakauheni Dipastikan Aman

Kompas.tv - 25 April 2022, 20:08 WIB
gunung-anak-krakatau-meletus-pelayaran-merak-bakauheni-dipastikan-aman
Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau Deny Mardiono menyampaikan keterangan di sela-sela Rakor Eksternal Lintas Instansi Pengamanan Idul Fitri 1443 H Polda Banten di Serang, Banten, Senin (25/4/2022). (Sumber: Aji Cakti/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

SERANG, KOMPAS.TV - Pelayaran dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni dipastikan aman dari letusan Gunung Anak Krakatau.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau Deny Mardiono, Senin (25/4/2022).

Deny menyampaikan bahwa penyeberangan atau pelayaran aman selama berada di luar radius lima kilometer dari Anak Krakatau.

Arus mudik pun disebut tak akan terganggu oleh letusan ini.

"Jelang Idulfitri, untuk jalur-jalur pelayaran dan penyeberangan baik melalui selat maupun Pelabuhan Merak ke Bakauheni aman dari letusan Gunung Anak Krakatau di luar radius lima kilometer," kata Deny dalam rapat koordinasi lintas-intansi tentang pengamanan Idulfitri 1443 H di Polda Banten sebagaimana dikutip Antara.

Baca Juga: Antisipasi Bahaya Letusan Gunung Anak Krakatau, PVMBG akan Gelar Simulasi Bencana Pekan Ini

“Para pemudik yang akan menyeberang ke Bakauheni dari Pelabuhan Merak aman di luar radius lima kilometer. Erupsi Gunung Anak Krakatau kemarin tidak memengaruhi ketinggian muka air laut," katanya.

Deny menyebut material vulkanis yang berpotensi sampai di jalur pelayaran hanya abu vulkanis. Itu pun tidak pasti, tergantung arah dan kecepatan angin.

Ia menambahkan, aktivitas seismik Gunung Anak Krakatau mengalami penurunan. Menrutunya, amplitudo tremor mengecil pada kisaran 4-50 mm, umumnya ada di tingkat 10 mm.

Gunung Anak Krakatau sendiri diketahui sempat meletus dan statusnya meningkat menjadi level III. Peningkatan status ini diketahui ditetapkan sejak Minggu (24/4/2022) lalu.

Meskipun demikian, Deny menyampaikan bahwa kondisi terkini Anak Krakatau lebih kondusif dibanding sebelumnya.

Ia pun menyebut aktivitas warga masih bisa dilakukan selama berada di luar radius lima kilometer.

"Jadi ke depannya Gunung Anak Krakatau ini masih ada potensi erupsi, kemungkinan ini adalah awalan lagi dan nanti akan ada aktivitas kesempatan lagi. Kendati demikian kondisi saat ini lebih kondusif dibandingkan sebelumnya," kata Deny.

Baca Juga: Mudik Lebih Awal Lewati Pantura

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x