Kompas TV entertainment lifestyle

Hindari Saat Mudik, Makanan dan Minuman Ini Justru Bikin Tubuh Cepat Lelah

Kompas.tv - 25 April 2022, 12:59 WIB
hindari-saat-mudik-makanan-dan-minuman-ini-justru-bikin-tubuh-cepat-lelah
Ilustrasi lelah saat mudik menggunakan mobil pribadi. (Sumber: duinewsblog.org via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lebaran 2022 tinggal menghitung hari. Masyarakat mulai berbondong-bondong mudik ke kampung halaman.

Sebagian dari kita mungkin melakukan perjalanan panjang selama mudik dan membutuhkan energi yang cukup banyak selama perjalanan. 

Selama perjalanan mudik, kita mungkin akan merasa lelah. Saat kelelahan, fokus dan konsentrasi menurun. Kondisi itu tentunya berbahaya bagi yang melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Hari Pertama Uji Coba Ganjil Genap di Tol Cikampek, Antisipasi Macet Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Untuk mengatasinya, sebagian orang akan meminum atau memakan sesuatu untuk menambah energi. Dalam memilih makanan dan minuman untuk menambah energi, kita harus cermat.

Sebab, beberapa makanan justru bertindak sebaliknya, membuat tubuh cepat lelah. Apa saja? Berikut penjelasannya, dirangkum dari Healthline, Senin (25/4/2022).

Makanan Penyebab Cepat Lelah

1. Kopi

Umumnya, kopi dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan berkat kandungan kafeinnya. Kopo dapat menciptakan dorongan energi dan fungsi otak jangka pendek yang dapat diandalkan saat seseorang merasa lelah.

Sayangnya, minum kopi secara teratur membuat tubuh membangun toleransi dan mengurangi kekuatan efeknya.

Lebih lanjut, mengandalkan kopi untuk menambah energi–alih-alih mengonsumsi makanan yang bernutrisi–justru dapat menguras energi dari waktu ke waktu.

Terlalu banyak kafein juga berdampak negatif terhadap kualitas tidur dan mengurangi tingkat energi dalam jangka panjang.



Sumber : Healthline

BERITA LAINNYA



Close Ads x