Kompas TV cerita ramadan tradisi

Tips Mudik Hemat dengan Kendaraan Pribadi: Manfaatkan THR sebagai Anggaran Khusus

Kompas.tv - 24 April 2022, 17:10 WIB
tips-mudik-hemat-dengan-kendaraan-pribadi-manfaatkan-thr-sebagai-anggaran-khusus
Ilustrasi mudik dengan kendaraan pribadi, yang bisa terasa hemat atau boros, tergantung bagaimana pengelolaan biayanya. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Mudik dengan kendaraan pribadi memang terasa lebih fleksibel bagi pelakunya, meskipun tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya yakni perencanaan keuangan secara matang selama mudik, agar setelahnya tidak ada penyesalan karena kaget melihat tabungan yang terkuras habis.

Risiko mudik dengan kendaraan pribadi itu pun dikonfirmasi oleh perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini.

"Yang bisa bikin mahal atau murahnya mudik pakai kendaraan pribadi adalah berapa lama Anda di tempat mudik," kata Mike, Jumat (22/4/2022), dikutip dari GridOto.com.

Baca Juga: Bolehkah Minum Minuman Energi untuk Cegah Kantuk saat Mudik? Begini Pendapat Ahli

Selain itu, lanjut Mike, seberapa jauh kampung halaman juga dapat memengaruhi seberapa banyak biaya yang habis selama mudik.

Tips Mudik Hemat dengan Kendaraan Pribadi

Oleh sebab itu, Mike menganjurkan, pembuatan anggaran khusus dengan memanfaatkan uang tunjangan hari raya (THR) untuk memenuhi kebutuhan selama mudik agar keuangan tidak jebol.

Caranya, dapat dimulai dengan membuat pos pengeluaran untuk transportasi, biaya makan, hingga aktivitas selama di kampung halaman.

"Pertama pos transportasi seperti siapkan kendaraan, uang tunai, dan biaya tol, serta usahakan gaji jangan diutak-atik. Jadi, harus dipisahkan, kebutuhan mudik dari THR saja," terang Mike.

Baca Juga: Mudik Pakai Motor Dinilai Berbahaya, Pengamat: 80 Persen Kecelakaan Didominasi Sepeda Motor

Kemudian, pos pengeluaran untuk makan ketika di perjalanan maupun kampung halaman, juga harus diperhitungkan oleh pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Kendati, menginap di rumah keluarga, ada baiknya tetap mempersiapkan dana untuk sumbangan makanan dan kebutuhan lainnya.

Terakhir, pos aktivitas selama di kampung halaman, Mike menekankan pentingnya disiplin dalam pengeluaran, ini terutama saat berwisata ke suatu tempat.

"Mudik pastinya tidak hanya berdiam saja di rumah, tapi juga ke tempat wisata dan harus bayar tiket," ujar Mike.

"Kalau pengeluaran sudah lebih besar dari THR lakukan penghematan, contohnya kurangi waktu selama di kampung halaman," pungkasnya.



Sumber : GridOto.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.