Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Bolehkah Minum Minuman Energi untuk Cegah Kantuk saat Mudik? Begini Pendapat Ahli

Kompas.tv - 24 April 2022, 15:08 WIB
bolehkah-minum-minuman-energi-untuk-cegah-kantuk-saat-mudik-begini-pendapat-ahli
Ilustrasi mengemudi. Tidak jarang, pengemudi mobil pribadi atau angkutan mudik meminum minuman energi untuk mencegah kantuk. Bagaimana pandangan ahli mengenai hal ini? (Sumber: Max De Angelo on Unsplash)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musim mudik telah tiba. Tidak jarang, pengemudi mobil pribadi atau angkutan mudik meminum minuman energi untuk mencegah kantuk.

Bagaimana pandangan ahli mengenai hal ini?

Ahli gizi dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Irtya Qiyamulail menilai boleh-boleh saja mengonsumsi minuman energi atau energy drink untuk mencegah kantuk selama perjalanan mudik. Namun, harus tetap bijak.

"Pada dasarnya, kita diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman berenergi saat mudik, namun perlu bijak dalam mengonsumsinya," kata Irtya kepada ANTARA, Minggu (24/4/2022).

Minuman berenergi, kata dia, memiliki efek samping yang berbeda-beda pada setiap orang.

Hal itu bergantung pada kondisi kesehatan dan sistem imunitas tubuh orang tersebut.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena mengonsumsi minuman ini, sambung Irtya, yakni sakit kepala, sembelit, iritasi sampai dengan kecanduan.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Sepeda Motor

Dia mengatakan, minuman berenergi memang dapat membantu menghilangkan kantuk dan lelah.

Namun efek setelahnya justru dapat menyebabkan perasaan lelah yang berkali-kali lipat.

Dari sisi komposisi bahan yang digunakan, minuman berenergi biasanya mengandung kafein untuk merangsang fungsi otak dan meningkatkan kewaspadaan serta konsentrasi.

Banyaknya kandungan kafein yang dikonsumsi dapat berisiko menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah yang bisa membahayakan kesehatan selama di perjalanan.

"Jumlah kafein yang disarankan 400 mg per hari, sehingga para konsumen perlu untuk mengecek label pangan terutama kandungan kafein pada energy drink untuk meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi," saran Irtya.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.