Kompas TV nasional sosial

Kegembiraan Mudik dan Kekhawatiran "Oleh-Oleh" Covid-19

Kompas.tv - 24 April 2022, 05:15 WIB
kegembiraan-mudik-dan-kekhawatiran-oleh-oleh-covid-19
Para pemudik sedang menunggu waktu keberangkatan kereta di Stasiun Pasar Senen, Rabu (20/4/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah dilarang selama dua kali Lebaran karena pandemi Covid-19, tahun ini pemerintah kembali membolehkan masyarakat untuk mudik. Keputusan ini disambut gembira masyarakat. Terbukti, arus mobilitas pemudik hingga Sabtu (23/4/2022) atau atau H-9 Lebaran mengalami peningkatan 5 hingga 10 persen. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun semringah. "Hari ini alhamdulillah sudah naik, dibandingkan 2019, itu naik sekitar 5-10 persen, jadi mudah-mudahan ini berita baik juga," katanya.  

Pemerintah memperkirakan ada sekitar 85 juta orang yang akan pulang ke kampung halamannya di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut ada 23 juta orang yang akan membawa kendaraan pribadi. 

Baca Juga: H-9 Lebaran Jumlah Pemudik Meningkat, Menhub Sebut Pertanda Baik

"Yang berat adalah pemudik yang lewat darat. Sebab, ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan mudik. Angka-angka ini bukan angka kecil," kata Jokowi saat berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Rabu (20/4/2022).

Kegembiraan yang diperlihatkan oleh masyarakat yang mudik, sebenarnya menyimpan kekhawatiran tersendiri, wabil khusus melonjaknya kasus Covid-19 pascamudik. 

Sampai-sampai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan masyarakat yang akan mudik harus mematuhi protokol kesehatan dan sudah divaksin guna agar mudik tidak membawa oleh-oleh virus.

“Hal ini supaya ketika berangkat ke daerah tujuan, kondisi betul-betul sehat dari Covid-19 dan datang tidak membawa oleh-oleh Covid-19,” kata Muhadjir usai Rapat Koordinasi Lintas Sektor terkait Persiapan Mudik Lebaran 2022, yang dipimpin Kapolri Listyo Sigit Prabowo, di Markas Besar Kepolisian Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis (14/04/2022).

Menurut Muhadjir, pemerintah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan mudik Lebaran 2022 agar berjalan aman, lancar dan sehat. Persiapan itu dibahas melalui rapat koordinasi lintas sektor yang sudah dua kali dilaksanakan.

Itulah makanya, pemerintah pun genjar melakukan vaksinasi booster. “Bapak Presiden sudah memberikan petunjuk agar semua yang akan mudik menyiapkan diri dengan vaksin booster yang ketiga kalinya,” kata Muhadjir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x