Kompas TV video vod

Gunung Anak Krakatau Tunjukkan Aktivitas Signifikan, Apa yang Harus Diantisipasi?

Kompas.tv - 23 April 2022, 15:27 WIB
Penulis : Edwin Zhan

SERANG, KOMPAS.TV - Sebelumnya, pada Jumat (22/4) kemarin, Anak Karakatu sempat erupsi tiga kali dengan ketinggian abu hingga 1500 meter.

Dan kini, aktivitas Gunung Anak Krakatau kembali meningkat, hingga menimbulkan lontaran lava pijar merah menyala dari kawah ke permukaan setinggi hingga 800 meter.

Suara gemuruh dan dentuman keras yang terdengar jelas di daerah pesisir Pantai Desa Pasauran, Serang, Banten.

Dari pantauan kamera pemantau di Kepulauan Rakata, memperlihatkan kondisi Gunung Anak Krakatau yang mengalami erupsi dengan melontarkan lava pijar ke permukaan dari kawah gunung api.

Berdasarkan pengakuan warga di daerah pesisir yang berjarak 40 kilometer dari gunung menyatakan, peningkatan aktivitas ini sudah terjadi selama tiga hari terakhir; bahkan permukiman warga yang berada di Desa Pasauran, sempat dihujani abu vulkanik.

Kompas TV tanyakan perkembangan terkini terkait aktivitas Gunung Anak Krakatau, bersama Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.