Kompas TV otomotif tips & trick

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Sepeda Motor

Kompas.tv - 23 April 2022, 14:59 WIB
5-tips-mudik-aman-dan-nyaman-dengan-sepeda-motor
Foto ilustrasi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Agar perjalanan mudik dengan sepeda motor terasa nyaman dan aman, alangkah baiknya beberapa hal berikut tetap diperhatikan, seperti memahami medan jalan hingga batasi barang bawaan. (Sumber: Tribun Jabar/Gani Kurniawan )
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Jumlah sepeda motor dalam momen mudik Lebaran tahun ini diprediksi masih terbilang tinggi, sebagaimana hasil survei terbaru dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hasil survei itu disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam sebuah tayangan di akun YouTube Sekretariat Presiden, beberapa waktu lalu.

"Dari survei Kementerian Perhubungan didapatkan hasil bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang digunakan oleh para pemudik," ujarnya.

Melihat angka tersebut, penting bagi pemudik sepeda motor untuk memerhatikan kenyamanan dan keamanannya dalam perjalanan, dengan mengikuti beberapa tips berikut yang dikutip dari Sonora.id.

Baca Juga: Mudik Anti Ribet! Kirim Motor ke Kampung Halaman Bisa Pakai Jasa KAI Logistik, Ini Rincian Tarifnya

1. Pahami medan yang akan ditempuh

Setiap pengendara motor wajib memahami medan jalan yang akan ditempuhnya agar perjalanan semakin terasa nyaman dan aman.

Saat pulang ke kampung halaman pun demikian, pemudik yang menggunakan sepeda motor harus mengetahui kondisi jalan dan area di sepanjang perjalanannya.

Jika, tahun ini menjadi pengalaman pertama mudik dengan sepeda motor, maka tak ada salahnya melakukan riset lewat internet untuk mengetahui medan perjalanan nanti.

Baca Juga: Siap-Siap Mudik! Begini Caranya agar Tak Mengantuk saat Berkendara

2. Gunakan pakaian yang cocok untuk berkendara jauh



Sumber : Sonora.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.