Kompas TV olahraga kompas sport

Thomas Doll Usai Resmi Latih Persija: Saya Merasa Terhormat Gabung dengan Tim Besar di Indonesia

Kompas.tv - 23 April 2022, 11:01 WIB
thomas-doll-usai-resmi-latih-persija-saya-merasa-terhormat-gabung-dengan-tim-besar-di-indonesia
Pelatih asal Jerman, Thomas Doll, resmi menangani Persija Jakarta. (Sumber: Tangkapan layar Twitter Persija)
Penulis : Gading Persada | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Persija Jakarta resmi memperkenalkan pelatih baru mereka, Thomas Doll. Sang juru taktik berpaspor Jerman itu pun merasa terhormat bisa melatih tim sekelas Persija.

"Saya merasa terhormat bisa bergabung dengan salah satu tim besar di Indonesia. Tentu saya sangat berhasrat membawa Persija ke level yang lebih tinggi. Saya tak sabar untuk memimpin latihan di Jakarta," ujar Doll, dikutip dari keterangan Persija, diterima di Jakarta, Sabtu (23/4/2022).

Melansir Antara, Doll mengaku keputusannya melatih Macan Kemayoran menjadi tantangan baru dalam karier kepelatihannya yang sudah berlangsung lebih dari 20 tahun.

Doll menggantikan pelatih Persija sebelumnya, Sudirman. Manajemen Persija menyebut Doll yang pada tahun 2007-2008 menangani Borussia Dortmund, juga akan berperan sebagai manajer.

Pria berusia 56 tahun yang punya lisensi pelatih UEFA Pro ini dikontrak selama tiga musim.

"Kami sudah sepakat bekerja sama. Tentu kami sangat berharap dia bisa mengangkat prestasi tim lebih baik lagi," ujar Presiden Persija Mohamad Prapanca.

Baca Juga: Persija Jakarta Coret Pelatih dan 11 Nama Lainnya Termasuk Bambang Pamungkas

Seperti diketahui, Persija berhasrat kembali ke peringkat atas Liga 1 Indonesia setelah pada musim 2021-2022 mereka hanya menduduki posisi kedelapan di klasemen akhir Liga 1 Indonesia 2021-2022 dengan 45 poin dari 34 laga.

Pencapaian itu tidak sesuai dengan target yang ditetapkan oleh manajemen untuk Riko Simanjuntak dan kawan-kawan yaitu setidak-tidaknya bertengger di peringkat tiga besar.

Sebelumnya, Persija sudah merekrut pula tiga pemain baru yakni Hansamu Yama, Firza Andika dan Hanif Sjahbandi.

Rekam jejak Thomas Doll

Pelatih Jerman APOEL Nicosia, Thomas Doll, bereaksi selama pertandingan sepak bola grup A Liga Eropa UEFA antara Sevilla dan APOEL Nicosia di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Seville pada 3 Oktober 2019. Doll resmi dikontrak Persija Jakarta sebagai pelatih selama 3 musim. (Sumber: CRISTINA QUICLER/AFP via Tribunnews)

Sebelum di Persija, Thomas Doll sudah malang melintang melatih berbagai klub baik di Eropa maupun Asia.

Selain Borussia Dortmund, Doll juga pernah menangani klub-klub seperti Hamburger SV (Jerman), Hannover 96 (Jerman), APOEL Nicosia (Siprus), Glencerbirligi Ankara (Turki), Al-Hilal (Arab Saudi) dan Ferencvarosi TC (Hungaria).

Baca Juga: Penyelenggara Jelaskan Alasan Persija Tidak Dilibatkan dalam IYC di JIS

Saat bekerja di Ferencvarosi, Doll membawa timnya mengoleksi beberapa trofi juara seperti tiga Piala Hungaria dan sekali juara Liga Hungaria.

Sebagai pemain, Doll pernah memperkuat tim-tim dari liga ternama Eropa misalnya Lazio, Eintracht Frankfurt dan Hamburger SV.
 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x