Kompas TV video orang-orang jakarta (web series)

Dia Babe Idin, Dia Jawara kali Pesanggrahan!

Kompas.tv - 29 Juni 2018, 15:00 WIB
Penulis : Desy Hartini | Editor : D I M

Bersama dengan kelompok tani Sangga Buana, Chaerudin atau Babe Idin menghijaukan kembali hutan dan membersihkan sungai Pesanggrahan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sekitar tahun 1980-an, ia memulai kegiatannya untuk membersihkan sungai dan lebih peduli terhadap kehidupan hutan di ibu kota. Semua bermula saat ia mulai “kesal” melihat sungai tempat bermainnya saat masih kecil rusak karena sampah.

Kepeduliannya terhadap sungai ia mulai dengan melakukan observasi. Kegiatannya ini pada mulanya mendapat penolakan dari berbagai pihak. Bahkan, pekerjaannya membersihkan kali sempat mendapat respon negatif dari penduduk.

Namun kini, hutan yang telah ia rawat beserta sungainya memberikan banyak manfaat kepada warga setempat. Kini ia juga memiliki ladang untuk bercocok tanam, bahkan arena latihan “Lempar pisau dan kapak” yang ia yakini dapat menambah konsentrasi.

Anak-anak jalanan ia tampung dan selalu diajak untuk “Ngopi” atau ngobrol pintar dimana ia mengajak anak-anak tersebut untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan masa depannya.

Tak hanya itu, lapangan sepak bola berkelas internasional dan dermaga kapal juga menghiasi kawasan Sangga Buana yang ia hidupi.

Simak kisah Babe Idin selengkapnya dalam Orang-orang Jakarta berikut!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x