Kompas TV regional peristiwa

Diprediksi Ada 16 Juta Pemudik, Ditlantas Polda Jatim Siapkan Antisipasi Kemacetan di 7 Titik Ini

Kompas.tv - 22 April 2022, 18:23 WIB
diprediksi-ada-16-juta-pemudik-ditlantas-polda-jatim-siapkan-antisipasi-kemacetan-di-7-titik-ini
Ilustrasi kendaraan yang menuju kampung halaman lewat jalan tol. Ditlantas Polda Jatim menyiapkan antisipasi kemacetan di 7 titik saat arus mudik Lebaran 2022. (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada tahun ini, diperkirakan sebanyak 16 juta pemudik akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 ke Jawa Timur.

Menanggapi hal ini, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur (Jatim) pun telah menyiapkan antisipasi arus mudik Lebaran 2022.

Salah satunya dengan mewaspadai 7 titik tol yang diprediksi berpotensi mengalami kemacetan selama arus mudik. 

“Ada 7 titik yang diwaspadai. Seperti Tol Sidoarjo, Tol Kejapanan di Waru Gunung, Tol Singosari, dan Tol Pandaan. Ketujuh titik ini berpotensi menghambat karena berada di dalam jalur tol utama,” kata Dirlantas Polda Jatim Latief Usman dalam keterangan tertulis yang dikutip Jumat (22/4/2022). 

Latief menuturkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik terjadi.

Baca Juga: 4 Tips Istirahat di Rest Area saat Mudik Lebaran agar Tetap Aman dan Nyaman, Apa Saja?

Adapun langkah yang akan dilakukan adalah dengan penambahan gate tol jika terjadi antrean.

“Kami sudah berkoordinasi dengan mereka (pihak tol), kami meminta agar tidak terjadi antrean lebih dari 1 km," ujarnya. 

"Apabila terjadi antrian lebih dari 1 km, saya meminta kebijaksanaan dari mereka. Apakah diloloskan atau mereka menambah (gate),” ungkap Latief.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya juga mengupayakan rekayasa lalu lintas ketika terjadi kemacetan di jalan tol, yakni dengan memberlakukan one way (satu jalur).

“Langkah terakhir yang akan dilakukan, khususnya jika pemudik ke Surabaya penuh, kami akan buat one way dari KM 575 sampai dengan Surabaya,” tandas Latief.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Kominfo Bakal Pastikan Rest Area Berinternet 4G



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x