Kompas TV nasional berita utama

Jelang Mudik Lebaran, Kominfo Bakal Pastikan Rest Area Berinternet 4G

Kompas.tv - 22 April 2022, 15:49 WIB
jelang-mudik-lebaran-kominfo-bakal-pastikan-rest-area-berinternet-4g
Rest Area di Jalan Tol (Sumber: Dok. Jasa Marga )
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS. TV – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal memastikan layanan telekomunikasi di musim mudik Lebaran mendatang, optimal.

Karena itu koordinasi dengan perusahaan telekomunikasi pun terus dilakukan agar fasilitas jaringan internet di berbagai tempat yang dilalui pemudik bisa optimal.

“Jadi kami berkordinasi dengan perusahaan Telkom perusahaan telekomunikasi operator seluler untuk memastikan keandalan layanan internet selama mudik Lebaran tahun 2022,” kata juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, Jumat (22/4/2022).

Dedy juga mengungkapkan bahwa sejak akhir 2021, Kominfo memiliki sistem pusat monitoring yang dapat memantau kualitas telekomunikasi nasional.

Baca Juga: Dampak Badai Matahari, Sebabkan Kiamat Internet & Mati Listrik Massal, Bagaimana dengan Hari Ini?

Dengan alat baru tersebut, Kominfo dapat melakukan pengukuran berskala nasional sehingga mengetahui di titik-titik mana saja jaringan telokuminasi kurang optimal.

“Maka kami akan berkomuikasi dengan perusahaan telekomunikasi untuk bisa mengevaluasi kemudian mengoptimalkan yang ada,” ungkapnya.

Karena itu, sampai Idul Fitri mendatang, Kominfo terus memastikan pusat-pusat fasilitas publik yang berkaitan dengan mudik Lebaran dapat memiliki jaringan internet yang baik.

Baca Juga: Diskominfo Buleleng Lakukan Testing TV Digital

“Termasuk rest area disediakan fasilitas internet yang memadai itu tentu kaitannya dengan 4G dulu,” ujarnya.

Sedangkan untuk jaringan 5G sampai saat ini baru akan tersedia di 13 titik antara lain di pusat-pusat industri dan pusat aktivitas masyarakat.

“Jadi masih cukup terbatas,” paparnya.

Baca Juga: Menkominfo Kesal Maudy Ayunda Jadi Jubir Presidensi G20 Dibilang Gimik, Ada yang Lebih Kompeten?

Fasilitas internet 5G sendiri akan digunakan misalnya untuk kegiatan-kegiatan tertentu seperti penyelenggaraan Presidensi G20 di Bali pada November mendatang.

“Kita memastikan ada 5G experience untuk para leader untuk para kepala negara di Bali. Itu sudah kita pastikan kan sudah kita siapkan dari sekarang,” tukasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x