Kompas TV regional berita daerah

Tanah Longsor di Cilacap Timpa Ponpes dan Jalan Desa Terputus

Kompas.tv - 22 April 2022, 10:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Tebing setinggi 10 meter di Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, longsor setelah terjadi hujan deras pada Selasa (19/4/2022) sore hingga malam. Akibat bencana tanah longsor ini, sebuah ruang asrama Pondok Pesantren Nurusholihin milik Yayasan An-Nur yang ada di samping tebing pun tertimpa material longsoran hingga rata dengan tanah.

Sejumlah petugas BPBD, TNI, polisi dan sukarelawan bahu membahu untuk membersihkan material yang juga memaskui ruangan lainnya.

"Untuk sementara dari semalam kita juga menghubungi Babinsa Desa Tambaksari. Juga saya sampaikan ke Danton linmas dan linmas yang lain supaya untuk dievakuasi longsor-longsor yang terjadi," ujar Kepala Desa Tambaksari, Eko Widianto.

"Alhamdulillah tadi dengan semua masyarakat, babinsa,linmas, perangkat desa dan pihak-pihak terkait kerja bakti membersihkan longsor-longsor semampunya secara manual melalui swadaya gotong royong masyarakat,"ujarnya.

Bukan hanya itu, tanah longsor juga menyebabkan akses jalan desa tertutup total. Aktivitas warga dari dua dusun yang ada di Desa Tambaksari pun terhambat. Agar akses jalan bisa digunakan kembali baik pejalan kaki maupun para pengendara, sejumlah warga setempat berupaya menyingkirkan pohon dan tanah material longsoran dengan alat seadanya.

#tanahlongsor #cilacap #tambaksari

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x