Kompas TV entertainment lifestyle

Benarkah Jerawat Membandel karena Faktor Genetik?

Jumat, 22 April 2022 | 07:10 WIB
benarkah-jerawat-membandel-karena-faktor-genetik
Jerawat yang tak kunjung sembuh dianggap muncul karena faktor keturunan. Benarkah?  (Sumber: Freepik)

Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Hariyanto Kurniawan

Jerawat merupakan permasalahan serius yang tak jarang sulit diatasi. Pria dan wanita, tua dan muda, tentu pernah memiliki permasalahan kulit ini. Terlebih pada masa pubertas, kehadirannya menjadi masalah bagi semua orang.

Jerawat merupakan kondisi kulit inflamasi kronis yang menyebabkan bintik-bintik dan jerawat, terutama pada wajah, bahu, punggung, leher, dada, dan lengan atas. Whiteheads, blackheads, jerawat, jerawat cystic, dan nodul adalah jenis-jenis jerawat. 

Siniar Semua Bisa Cantik episode “Jerawat karena Faktor Genetik” bersama dr Dian Pratiwi, spesialis kulit dan kelamin, mencoba mengulas penyebab jerawat yang disebabkan oleh faktor genetik dan bagaimana cara pencegahannya. 

Permasalahan jerawat yang sering muncul di wajah, bisa disebabkan karena wajah kurang bersih atau hormon. Tak jarang munculnya jerawat sulit diatasi. Jerawat yang tak kunjung sembuh dianggap muncul karena faktor keturunan. Benarkah? 

Dian menjelaskan, penyebab jerawat multifaktorial. Bisa karena kondisi lingkungan, polusi dan debu, panas matahari, hormonal, gaya hidup, stres, penggunaan skin care dan make up yang tidak tepat, diet, hingga konsumsi dairy products yang berlebihan. 

Nisa bercerita mengenai jerawatnya yang tak kunjung sembuh meski sudah diobati. Awalnya, wajah mengalami bruntusan, kemerahan, dan muncul jerawat kecil. Karena masih usia pubertas, ia menganggap itu sebagai hal yang wajar. Namun seiring berjalannya waktu, kondisi jerawat makin parah dan terus bertambah.

Setelah ditelusuri, ternyata orang tua Nisa juga memiliki riwayat jerawat. Faktor keturunan nyatanya berpengaruh pada kondisi jerawat yang dialami. Terlebih, ia tinggal di lingkungan pertambangan yang berpengaruh pada kondisi kulit wajahnya.

Riwayat jerawat dalam keluarga dapat menyebabkan jerawat muncul di usia muda, jerawat jadi lebih banyak, sulit diobati, dan menetap hingga dewasa. Jika kedua orang tua memiliki jerawat, maka besar kemungkinan sang anak juga ikut berjerawat.

Jika ibu memiliki jerawat, maka sangat berpengaruh tinggi, mengingat ibu mewarisi kromosom X. Faktor genetik tidak dapat diubah, tapi faktor jerawat lainnya bisa diobati. Rajin mencuci tangan, jauhkan rambut dari wajah, perbaiki gaya hidup merupakan hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat membandel. 

Ketika jerawat muncul pada usia remaja dan orang tua memiliki riwayat jerawat, sebaiknya langsung obati sejak dini. Jika tak kunjung membaik selama 1 sampai 2 bulan, berobatlah ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan lengkap. 

Penyebab Jerawat


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x