Kompas TV nasional peristiwa

Mahfud MD Sebut Muhammadiyah Punya Andil Besar dalam Kelahiran Republik Indonesia

Kompas.tv - 21 April 2022, 16:14 WIB
mahfud-md-sebut-muhammadiyah-punya-andil-besar-dalam-kelahiran-republik-indonesia
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan Muhammadiyah berperan besar dalam mengukuhkan eksistensi Republik Indonesia (Sumber: dok. PP Muhammadiyah)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Desy Afrianti

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan Muhammadiyah berperan besar dalam mengukuhkan eksistensi Republik Indonesia. Ia menilai andil besar ini sudah terlihat sejak ide membangun kesadaran negara untuk merdeka sampai mewujudkan kemerdekaan negara melalui lembaga resmi di BPUPK dan PPPK.

“Bahkan, peran Muhammdiyah di Piagam Jakarta juga sangat besar,” ujar Mahfud MD, dalam Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah bertajuk 'Menjaga Kedaulatan NKRI', di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (21/4/2022) seperti yang tertuang dalam siaran pers.

Menurut Mahfud MD, Muhammadiyah banyak berperan di masa awal Republik dengan menyebarkan kader-kadernya masuk dalam berbagai posisi penting di pemerintahan dan masyarakat. Daftar tokoh Muhammadiyah yang aktif di parlemen seperti Presiden Soekarno, Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, Kahar Muzakir dan lain sebagainya pada masa itu menjadi bukti nyata peran Muhammadiyah membangun Republik Indonesia.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan Lebaran 2 Mei 2022, Bagaimana dengan Pemerintah? Begini Penjelasan MUI

“Usaha Muhammadiyah membangun kesadaran merdeka bagi bangsa Indonesia tergambar dari lirik lagu Mars Muhammadiyah, Sang Surya yang berarti matahari terbit, matahari kemerdekaan harus dibangkitkan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Mahfud MD mendorong Muhammadiyah terus berkiprah membangun bangsa. Apalagi Muhammadiyah dan umat Islam di negeri ini memiliki saham yang besar mendukung berdirinya negara Indonesia. Artinya, jika ada umat Islam yang menolak adanya negara Indonesia, maka Indonesia tidak akan pernah ada.

Baca Juga: Jemaah Muhammadiyah Pangkalpinang Telah Laksanakan Tarawih

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x