Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Ide Menu Sahur dan Buka Puasa yang Praktis dan Tetap Berigizi

Kompas.tv - 21 April 2022, 13:52 WIB
ide-menu-sahur-dan-buka-puasa-yang-praktis-dan-tetap-berigizi
Ilustrasi - Ayam ungkep bumbu kuning (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana Felicia Suganda memberikan ide praktis menu sahur dan berbuka puasa bagi mereka yang tak memiliki banyak waktu untuk memasak selama Ramadan.

"Kalau mau praktis, kita sebenarnya sudah mempersiapkan (menu sahur dan buka) sebelumnya, jadi tidak (menjelang) sahur atau berbuka baru masak," ujarnya yang menempuh pendidikan spesialis gizi klinik di Universitas Indonesia, dilansir dari Antara, Kamis (21/4/2022).

Diana menekankan pentingnya menu sahur dan buka puasa yang dapat memenuhi kebutuhan gizi seimbang dan lengkap. Untuk itu, ia merekomendasikan menu praktis yang bisa bertahan dalam beberapa hari. Misalnya, ayam yang diungkep atau diberi bumbu kuning.

Tak hanya ayam, bahan makanan lain bisa dimasukkan semisal tahu, tempe atau telur sebagai sumber protein.

Baca Juga: 4 Resep Olahan Telur Enak dan Praktis, Cocok untuk Menu Sahur Hari Ini

"Misalnya kita siapkan dalam seminggu, mau bikin praktis menu ayam. Ayam sudah diungkep bumbu kuning jadi nanti saat sahur pun tinggal kita panggang, masukkan oven atau fryer. Atau misalnya tahu dan tempenya sudah dibacem, jadi sudah disiapkan untuk 3-4 hari sekalian," papar Diana.

Setelah itu, jelang sahur atau berbuka puasa, Anda hanya tinggal mengeluarkan ungkepan dari lemari es dan menghangatkannya sebentar.

Untuk sayuran, Anda bisa memotong-motong semisal tomat dan timun untuk dikonsumsi mentah, atau selada. "Itu gampang, mentah saja atau selada juga praktis," tambahnya.

Selain itu, jangan lupakan sumber gizi lain seperti karbohidrat yang bisa didapatkan dari nasi, kentang atau sumber makanan lainnya.

Bagi Anda yang menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan dari hewan atau vegetarian, maka sumber protein nabati perlu diperbanyak.

"Jangan lupa tambahkan sayur-sayuran, kita bisa kombinasikan berbagai jenis sayuran dan lemak. Lemak ini bisa dipakai untuk menumis sayurnya boleh atau menumis tahu dan tempe untuk memenuhi kebutuhan lemak kita," tutup Diana.

Baca Juga: Resep Lumpia Isi Kurma Keju Ala Sisca Soewitomo untuk Menu Buka Puasa

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x