Kompas TV tekno aplikasi

5 Fitur Google Maps yang Bisa Mudahkan Perjalanan Mudik Lebaran

Kompas.tv - 20 April 2022, 21:29 WIB
5-fitur-google-maps-yang-bisa-mudahkan-perjalanan-mudik-lebaran
Ilustrasi Google Maps. Sejumlah fitur di Google Maps bisa dimanfaatkan untuk perjalanan mudik Lebaran Anda. (Sumber: Pexels/Cottonbro)
Penulis : Dian Septina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun 2022 pertama kalinya pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap memathui protokol kesehatan.

Bagi pemudik yang menggunakan jalur darat, pasti Google Maps sangat berguna sebagai penunjuk jalan ke lokasi tujuan.

Google Maps dilengkapi berbagai fitur yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna yang bisa dimanfaatkan ketika perjalanan mudik Lebaran 2022. Dengan adanya fitur-fitur ini tentu akan lebih memudahkan pengguna dalam mencari lokasi tujuan.

Dilansir dari Kompas.com, 5 daftar fitur Google Maps yang berguna untuk perjalanan mudik:

Baca Juga: Pemudik Harus Tahu, Begini Cara Efektif Istirahat di Rest Area

1. Fitur lalu lintas

Arus mudik di jalan raya biasanya menimbulkan lalu lintas padat hingga kemacetan. Dengan fitur ini pemudik dapat mengetahui titik-titik arus mudik yang sedang mengalami kepadatan dan kemacetan.

Tujuannya agar pemudik dapat mewaspadai dan mempersiapkan berbagai hal saat berada di arus kemacetan. Fitur lalu lintas akan menampilkan jalan raya dengan kode-kode warna tertentu seperti warna oranye, hijau, dan merah.

2. Fitur restoran, SPBU, ATM, dan Belanja

Fitur Google Maps untuk mudik (Sumber: Google Maps)

Fitur ini juga sangat berguna apabila sedang melakukan perjalanan mudik 2022 cukup jauh. Empat tempat penting yang dibutuhkan selama perjalanan jauh adalah SPBU, Restoran/Tempat Makan, ATM, dan pusat perbelanjaan. Pengguna dapat menemukan rest area terdekat di titik perjalanannya.

3. Fitur menyimpan rute perjalanan

Fitur menyimpan rute perjalanan juga bermanfaat ketika melakukan perjalanan mudik lebaran. Dengan fitur menyimpan rute perjalanan pengguna tidak perlu berulang mengetikkan rute perjalanan di Google Maps setiap kali akan melakukan perjalanan ke beberapa tempat yang sama.

Baca Juga: Wajib Tahu, 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman

4. Fitur offline

Menuju lokasi di daerah terpencil menjadi tantangan juga dikarenakan akses internet loading lama. Jangan khawatir jika bepergian ke daerah pelosok yang mungkin belum pernah/lupa dengan jalan menuju ke tempat tersebut, kini Google Maps bisa digunakan secara offline.

5. Fitur untuk menambahkan beberapa tujuan

Fitur Google Maps untuk mudik (Sumber: Kompas.com/soffyaranti)

Fitur ini berguna untuk Anda yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman namun juga akan mampir sejenak di beberapa lokasi tertentu. Pemudik bisa menambahkan sekaligus beberapa tempat di Google Maps.

Misal saja pemudik menuju tujuan akhir di kota A namun sebelumnya ingin mampir terlebih dahulu di lokasi B maupun C. Nah pemudik bisa sekaligus menambahkan rute tersebut.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.