Kompas TV nasional peristiwa

Saat Habib Luthfi Memeluk Prabowo, Seperti Dua Kawan Lama yang Lama Tidak Jumpa

Kompas.tv - 20 April 2022, 10:35 WIB
saat-habib-luthfi-memeluk-prabowo-seperti-dua-kawan-lama-yang-lama-tidak-jumpa
Momen saat Habib Luthfi bersiap memeluk Menhan Prabowo Subianto dalam silaturahmi di Pekalongan, kediaman Habib Luthfi pada Selasa 20 April 2022 (Sumber: istimewa)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto sowan dan diterima dengan hangat oleh ulama kharimastik asal Pekalongan, Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau biasa disapa Habib Luthfi, di Pekalongan Timur, Jawa Tengah pada Selasa (19/4/2022).

Pertemuan antara Prabowo dan Habib Luthfi terlihat begitu hangat. Bahkan, ketika datang, ia pun dipeluk hangat laiknya sahabat lama yang sudah lama tidak jumpa.  

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani, mengisahkan pertemuan itu. Silaturahmi itu berlangsung akrab, penuh tawa, dan diselingi doa bersama.

Berdasarkan foto, terlihat Prabowo datang dan diterima di kamar pribadi Habib Luthfi. Habib Luthfi pun sumringah, lantas beliau terlihat memeluk akrab Prabowo sambil tersenyum dan tertawa. Keduanya saling menyunggingkan senyum. Terlihat akrab dan hangat. 

"Pak Prabowo dan Habib Luthfi adalah kawan lama. Keduanya terlihat saling senang dan bahagia karena dipertemukan kembali di bulan suci ramadan ini. Selain silaturahmi Ramadan, keduanya sama-sama memiliki keinginan untuk menjadikan Indonesia bersatu dan kuat di tengah ancaman ketidakpastian global," paparnya dalam keterangan yang diterima  KOMPAS.TV, Rabu pagi (20/4/202).

Baca Juga: Menhan Prabowo Bertemu Gubernur Lemhannas Bahas Pertahanan IKN

Pesan Habib Luthfi ke Prabowo 

Habib Luthfi yang juga merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) berpesan kepada Prabowo tentang pentingnya pelibatan rakyat sebagai kekuatan pertahanan modern. 

“Habib Luthfi menyampaikan tentang pentingnya peningkatan pertahanan negara yang melibatkan rakyat secara langsung. Demikian juga peran ulama, yang harus berperan aktif dalam upaya memperkuat ideologi negara. Dengan begitu, Indonesia akan kuat karena setiap orang memainkan perannya masing-masing dengan seksama," ujar Wakil Ketua MPR RI itu. 

Dalam kesempatan tersebut, mereka pun berbuka puasa dengan menu takjil seperti kurma, buah-buahan, dan jajan pasar. Dilanjutkan makan nasi mandi dan daging kambing khas Timur Tengah.

Habib Luthfi adalah adalah ulama berpengaruh, Rais Aam JATMAN, lembaga yang mewadahi jemaah tarekat-tarekat yang ada di Indonesia dan jemaahnya tersebar di mancanegara. Beliau juga termasuk dalam 500 Muslim Paling Berpengaruh di dunia 2021, tepatnya di urutan ke-32 seperti dirilis The Muslim 500

Habib Luthfi sendiri merupakan ulama berpengaruh karena telah mendirikan ribuan sekolah, masjid, dan zawiah di Indonesia.  Selain itu,  juga memiliki jutaan santri dan pengikut yang tersebar di Indonesia. 

Salah satunya adalah Kanzus Shalawat, sebuah majelis yang didirikannya di Pekalongan. Di samping itu, Habib Luthfi juga menginisiasi Forum Sufi Dunia yang juga mewadahi para sufi yang berasal dari mancanegara.

Dalam pertemuan tersebut, turut serta Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani dan sejumlah pengurus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x