Kompas TV regional berita daerah

Miliki Mimbar Seperti Masjid Rasullah, Masjid Baiturahman Limboto Termegah Di Gorontalo

Kompas.tv - 19 April 2022, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KABUPATEN GORONTALO, KOMPAS TV - Berdiri megah di Pusat Kota Kabupaten Gorontalo,  Masjid Baiturrahman Limboto menjadi masjid terbesar dan termegah di Provinsi Gorontalo.

Masjid yang mengalami beberapa kali renovasi ini tak hanya mewah, tetapi juga memiliki arsitektur khas yang mencerminkan kearifan lokal berpaduan dengan budaya nusantara dan arab.

Pada bagian atap utama masjid, terlihat menyerupai bentuk limas dengan 7 kubah bulat yang mengelilinginya.

Kemudian pada desain interiornya, Masjid Baiturrahman terdapat menyerupai mimbar Ar-Raudah, yaitu mimbar yang pernah digunakan rasulullah saw untuk berdakwah di masjid nabawi. Pada mimbar ini terdapat hiasan ukiran segi lima serta motif bunga dengan berjumlah 5 buah.

Adapun filosofi angka 5 tersebut merupakan angka dari simbol dari lima kerajaan yang ada di Gorontalo Ungkap Ahmad Lihu Takmirul Masjid Baiturahman.

Berdiri tepat berdampingan dengan  menara Keagungan Limboto, membuat dua bangunan megah ini layaknya satu kesatuan ikon Kota Limboto yang tidak bisa dipisahkan.

Pada sisi bangunan lain, masjid ini dihiasi kerawang sebagai cermin ciri Khas Gorontalo.

Sejumlah pejabat negara termasuk Presiden Jokowi sudah pernah melaksanakan shalat di masjid ini.

Masa pandemi covid 19, mesjid ini sempat sepi dari aktifitas kaeagamaan, namun dengan diluaskannya shalad berjamaah,  dipastikan masjid akan ramai apalagi dengan daya tampung mencapai 2500 jamaah.

 

#masjidbaiturrahman

#limboto

#kabupatengorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x