Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Lintas Perbatasan Militer Pakistan, Korban Tewas Jadi 47 Warga Sipil Afghanistan

Kompas.tv - 17 April 2022, 23:25 WIB
serangan-lintas-perbatasan-militer-pakistan-korban-tewas-jadi-47-warga-sipil-afghanistan
Jumlah korban tewas akibat serangan udara militer Pakistan di provinsi Khost dan Kunar di Afghanistan timur melonjak menjadi sedikitnya 47 orang, kata para pejabat Taliban di Afghanistan, Minggu (17/4/2022).(Sumber: Al Jazeera)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

KABUL, KOMPAS.TV - Jumlah korban tewas akibat serangan udara militer Pakistan di provinsi Khost dan Kunar di Afghanistan timur melonjak menjadi sedikitnya 47 orang.

Hal itu dikatakan para pejabat Taliban di Afghanistan pada Minggu (17/4/2022), saat Islamabad mendesak Kabul bertindak melawan gerilyawan yang melancarkan serangan dari tanah Afghanistan, seperti laporan France24.

Ketegangan perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan meningkat sejak Taliban merebut kekuasaan tahun lalu, dengan Islamabad mengklaim kelompok-kelompok militan melakukan serangan rutin dari tanah Afghanistan.

Taliban menyangkal menyembunyikan gerilyawan yang menyerang Pakistan, tetapi juga marah dengan pagar yang didirikan Islamabad di sepanjang perbatasan 2.700 kilometer (1.600 mil) mereka.

Ketegangan antara kedua tetangga semakin dalam setelah serangan udara sebelum fajar, Sabtu (16/4/2022), yang menurut para pejabat Afghanistan dilakukan oleh helikopter militer Pakistan.

Serangan udara itu menghantam rumah-rumah penduduk di Khost dan Kunar di sepanjang perbatasan, kata para pejabat Afghanistan.

Para pejabat sebelumnya mengatakan bahwa pasukan Pakistan juga menembakkan roket.

"Empat puluh satu warga sipil, terutama wanita dan anak-anak tewas dan 22 lainnya terluka dalam serangan udara oleh pasukan Pakistan di dekat garis Durand di provinsi Khost," kata Shabir Ahmad Osmani, direktur informasi dan budaya di Khost seperti dikutip France24.

Baca Juga: Ulama Afghanistan Ikut Serukan Taliban Agar Segera Buka Sekolah untuk Perempuan

Najibullah, seorang pejabat di Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan di Khost mengatakan, jumlah korban tewas di provinsi itu adalah 48 orang.

"Dua puluh empat orang tewas dari satu keluarga itu sendiri," kata Najibullah.

Jamshid, seorang pemimpin suku dari Khost, juga membenarkan jumlah korban tewas lebih dari 40 orang.

"Saya pergi kemarin dengan beberapa orang, mendonorkan darah untuk merawat yang terluka dalam serangan Khost," kata Jamshid.

Pada Sabtu, para pejabat Taliban mengatakan, lima anak dan seorang wanita tewas dalam serangan serupa di Kunar.

TOLO News, saluran TV swasta terkemuka Afghanistan, terus menayangkan rekaman mengerikan dari darah yang berserakan dan puing-puing rumah yang rusak dalam serangan di Khost.



Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x