Kompas TV nasional peristiwa

Tinjau Persiapan Mudik, Menhub Prediksi 40 Persen Pemudik Gunakan Kendaraan Pribadi

Kompas.tv - 17 April 2022, 19:16 WIB
tinjau-persiapan-mudik-menhub-prediksi-40-persen-pemudik-gunakan-kendaraan-pribadi
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan mudik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/4/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi sebanyak 40 persen pemudik pada periode mudik Lebaran 2022 akan menggunakan kendaraan pribadi.

Budi mengungkapkan jumlah pemudik tahun ini mencapai 85 juta, naik jika dibandingkan tahun 2019. Melonjaknya jumlah pemudik tahun ini dikarenakan larangan pulang kampung telah dicabut.

"Ada yang spesial dari mudik kali ini, kita dua tahun tak bisa mudik karena pandemi. Alhamdulillah tahun ini kita diberi kesempatan mudik," tutur Budi dalam konferensi pers di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (17/4/2022).

"Berulang kali disampaikan bahwa, mudik kali ini, sebanyak 85 juta, itu 40 persen lebih banyak dari tahun 2019. Tentu jumlah yang sangat besar," tuturnya.

Detailnya, Budi mengungkapkan sebanyak 47 persen dari seluruh pemudik akan mengambil jalur darat.

"Bahkan mudik menggunakan kendaraan pribadi itu sampai 40 persen. Kita tahu kendaraan yang segitu masif akan menghadirkan kemacetan," lanjutnya.

Baca Juga: Sudah Siap Mudik Lebaran? Jangan Lupa Cek Kondisi Ban Mobil dengan 4 Tips Sederhana Ini

Budi melanjutkan peristiwa mudik yang dilakukan masyarakat di Indonesia merupakan salah satu hal penting yang disoroti Presiden Joko Widodo.

"Bapak Presiden secara intens memantau apa yang kita lakukan di darat, laut, kereta api, ini menandakan bahwa betapa pentingnya peristiwa mudik," tuturnya.

Menhub mengatakan, mudik tahun ini mengambil tema Mudik Aman, Mudik Sehat. Hal itu berkaitan dengan pemberlakuan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan.

"Mudik Aman, Mudik Sehat, yang artinya kita selaku insan transportasi yang profesional harus mengawal safety tour. Oleh karenanya vaksin booster harus dilakukan," lanjut Budi.

Baca Juga: Ada dari Kemenhub hingga Jasa Raharja, Ini Daftar Program Mudik Gratis Lebaran 2022

Untuk mengantisipasi adanya kemacetan, Kemenhub mengatakan akan melakukan sinergi angkutan massal.

Budi Karya mengimbau kepada perusahaan-perusahaan baik BUMN maupun swasta agar mengadakan program mudik gratis sehingga jalan tidak dipenuhi kendaraan pribadi.

"Kami tetap mengimbau, untuk mengadakan mudik gratis. Dengan adanya mudik gratis bisa memudahkan masyarakat untuk pulang kampung," pungkasnya.

Baca Juga: Mau Berangkat Mudik Lebaran? Pastikan Anda Sudah Penuhi Segala Syarat Perjalanan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.