Kompas TV cerita ramadan amalan

Ini Doa Qunut Salat Witir yang Dianjurkan Dibaca di 15 Hari Terakhir Bulan Ramadan

Kompas.tv - 17 April 2022, 10:44 WIB
ini-doa-qunut-salat-witir-yang-dianjurkan-dibaca-di-15-hari-terakhir-bulan-ramadan
Ilustrasi. Berikut doa Qunut salat Witir yang dianjurkan dibaca di separuh terakhir bulan Ramadan (Sumber: freepik)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah pada 3 April 2022, oleh karena itu hari ke-15 jatuh pada Minggu (17/4/2022).

Ada sejumlah doa yang dianjurkan untuk diamalkan di 15 hari terakhir bulan Ramadan. Salah satunya membaca Qunut saat salat Witir.

Imam al-Baihaqi dalam Ma’rifatus Sunan wal Atsar menegaskan bahwa Imam asy-Syafi’i menganjurkan pembacaan doa Qunut pada rakaat terakhir salat witir setelah Tarawih.

Doa Qunut ini dibaca setelah ruku atau pada saat i'tidal sebelum melakukan sujud.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar, bahwa ulama kalangan madzhab Syafi’i menganjurkan pembacaan doa Qunut saat witir dilakukan di separuh terakhir bulan Ramadan.

Baca Juga: Apa Hukum Nonton Mukbang Saat Puasa? Ini Penjelasan Ustaz Habib Husein Ja'far

Dalam buku Fiqih Sunnah Jilid I karya Sayyid Sabiq, sebuah riwayat dari Abu Dawud bahwa Umar bin Khatab mengumpulkan umat muslim untuk mengerjakan salat yang bermakmum kepada Ubai bin Ka'ab. 

Ubai mengerjakan salat bersama mereka selama dua puluh malam tanpa membaca doa Qunut, kecuali pada separuh terakhir bulan Ramadan.

Hal ini juga pernah diriwayatkan oleh Muhammad bin Nashr, bahwa dirinya bertanya kepada Saad bin Jubair berkata "Pada waktu ketika Umar bin Khatab mengutus pasukan muslimin. Pasukan itu dalam kondisi yang sulit hingga Umar merasa khawatir. Umar membaca doa Qunut pada separuh waktu yang terakhir bulan Ramadan."

Doa Qunut saat Salat Witir

Bacaan doa Qunut saat salat Witir sebagai amalan separuh terakhir Ramadan ini tidak berbeda dengan bacaan biasanya.

Berikut bacaan doa Qunut.

 Allahummahdinâ fî man hadait. Wa ‘âfinâ fî man ‘âfait. Wa tawallanâ fî man tawallait. Wa bâriklanâ fî mâ a‘thait. Wa qinâ syarra mâ qadhait. Fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik. Wa innahû lâ yazillu man wâlait. Wa lâ ya‘izzu man ‘âdait.

Baca Juga: Tips Mengkhatamkan Al-Qur'an di 15 Hari Terakhir Ramadan

Artinya: “Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada kami sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepada kami sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah kami sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepada kami pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan kami dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan."

"Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan."

"Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera untuk junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.” 

Demikian bacaan doa Qunut Witir sebagai amalan di 15 hari terakhir Ramadan.



Sumber : islam.nu.or.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.