Kompas TV olahraga kompas sport

Penonton Rasis di JIS, IYC: Akan Kami Usir dari Lapangan, Say No To Racism!

Kompas.tv - 16 April 2022, 20:39 WIB
penonton-rasis-di-jis-iyc-akan-kami-usir-dari-lapangan-say-no-to-racism
Bali United U18 menelan kekalahan dari Atletico Madrid U18 dengan skor 5-0 di laga pembuka IYC 2021 di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (13/4/2022). (Sumber: Twitter @BaliUtd)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

KOMPAS.TV - Tingkah laku suporter saat menonton perhelatan International Youth Championship 2021 tengah menjadi sorotan.

Panitia International Youth Championship (IYC) 2021 akan memberikan sanksi bagi suporter yang rasis dan seksis ketika menonton pertandingan di Jakarta International Stadium.

Beberapa suporter tampak melontarkan kata-kata tidak pantas kepada petugas medis wanita yang melakukan perawatan kepada salah satu pemain Bali United U-18 bertemu Atletico Madrid U-18 di Jakarta International Stadium pada Selasa (12/4/2022) sore WIB.

Lalu kata-kata tidak pantas itu berlanjut di media sosial. Kemudian, kejadian serupa terulang saat pertandingan antara Indonesia All Star U20 dan Bali United U18 pada Jumat (15/4/2022).

Dikutip dari Kompas.com, sebagian suporter melakukan siulan ketika petugas medis wanita Bali United masuk ke lapangan. 

Akibatnya, panita pelaksana IYC mengambil sikap terkait aksi tidak pantas dan seksisme di Stadion JIS.

Baca Juga: Penyelenggara Jelaskan Alasan Persija Tidak Dilibatkan dalam IYC di JIS

“Terkait dengan kejadian rasialisme dan seksisme yang terjadi pada pertandingan International Youth Championship yang sudah terlaksana sejak 13 April 2022, Organizing Committee international Youth Championship sangat menyesalkan kejadian tersebut,” jelas keterangan resmi IYC di akun Instagram.

“Melalui announcer/MC pertandingan, Organizing Commitee telah mengimbau para penonton untuk tidak melakukan perbuatan yang mengarah ke rasialisme dan seksisme yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” lanjut pernyataan itu.

Oleh sebab itu, panitia pelaksana IYC bakal memberikan sanksi kepada suporter yang tetap melakukan sikap kurang terpuji tersebut saat menonton pertandingan.

Tindakan tegas tersebut berupa pengusiran dari Jakarta International Stadium kepada penonton yang tetap melakukan aksi rasis dan seksis.

“Untuk 4 pertandingan tersisa, termasuk partai final, Organizing Committee IYC akan mengambil tindakan tegas dimulai imbauan oleh announcer, pengusiran penonton keluar stadion hingga terpaksa memberhentikan pertandingan jika diperlukan,” kata pernyataan itu.

Hal tersebut dilakukan demi menjaga perhelatan International Youth Championship tetap dalam koridornya.

“Organizing Commitee IYC wajib memastikan pertandingan berjalan lancar, termasuk melindungi segenap komponen tim termasuk pemain dan ofisial tanpa terkecuali.”

“Kami mengharapkan kerja sama dari seluruh penonton demi kesuksesan event bertaraf internasional ini,” tutup pernyataan IYC.

Baca Juga: Hasil IYC 2021: Tumbangkan Bali Unted, Indonesia All Star U-20 ke Puncak Klasemen

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x