Kompas TV nasional update

Kapan Jadwal Ganjil Genap di Jalan Tol Saat Mudik 2022? Menhub Beri Sinyal Seperti Ini

Kompas.tv - 16 April 2022, 13:05 WIB
kapan-jadwal-ganjil-genap-di-jalan-tol-saat-mudik-2022-menhub-beri-sinyal-seperti-ini
Foto iIlustrasi kepadatan kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2. Rekayasa lalu lintas ganjil genap dari ruas Tol Jakarta-Cikampek hingga Gerbang Tol Kalikangkung dapat berlaku lebih awal dari jadwalnya, sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, rekayasa lalu lintas ganjil genap di Jalan Tol Trans Jawa dapat berlaku lebih awal dari jadwalnya.

Alasannya karena simulasi skema rekayasa lalu lintas dari ruas Tol Jakarta-Cikampek hingga Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah tersebut bakal dimulai dalam waktu dekat.

"Beberapa hari ini akan dilakukan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas, yang nantinya bisa menjadi rekomendasi yang terukur dalam pengambilan keputusan," kata Budi dalam keterangan resminya, Jumat (15/4/2022).

Selain ganjil genap, skema rekayasa lalu lintas yang lain juga akan diuji coba selama masa simulasi nanti, contohnya sistem one way dan contra flow.

Baca Juga: Ganjil Genap Jadi Skenario Atasi Kemacetan saat Arus Mudik, Menhub: One Way Saja Tidak Cukup

Jadwal penerapan ketiga skema rekayasa lalu lintas itu sejatinya sudah diumumkan oleh pemerintah, namun Budi mengungkapkan bahwa masih perlu pembahasan lebih lanjut untuk memastikannya.

"Mulainya pada 28 April 2022 atau juga bisa lebih awal, 25 April 2022. Hasil dari simulasi ini akan segera dilaporkan dan direkomendasikan kepada Presiden," terang Budi.

Adapun, dalam keterangannya, Budi juga mengatakan bahwa pemerintah tidak akan melakukan penyekatan sepanjang arus mudik Lebaran 2022 ini.

"Pada mudik tahun ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan, tidak akan melakukan penyekatan dan putar balik. Pengendalian di lapangan dilakukan secara humanis dan persuasif," ujar Budi.

Baca Juga: Wow! Pemprov DKI Sediakan 19.680 Tiket Gratis Mudik dan Balik Jakarta, Simak Syaratnya

Jadwal Ganjil Genap di Jalan Tol selama Mudik Lebaran 2022

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Operasional Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi telah mengungkapkan, rekayasa lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2022 akan berlangsung pada 29-30 April.

Selain itu, Eddy juga menyebutkan, kebijakan tersebut juga akan berlaku saat periode arus balik yang diperkirakan terjadi pada 6-8 Mei.

Lebih jelasnya, berikut jadwal lengkap rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Trans Jawa selama momen mudik Lebaran 2022 sampai dengan arus baliknya nanti.

1. Arus mudik

Mulai Kamis (28/4) hingga Sabtu (30/4), pukul 17.00-24.00 WIB di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

2. Arus balik

Hari pertama, Jumat (6/5), mulai pukul 14.00-24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai Km 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Kemudian, Sabtu (7/5), pada waktu yang sama tapi dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga KM 3+500 Gerbang Tol Halim.

Terakhir, Minggu (8/5), mulai pukul 07.00 WIB sampai Senin (9/5) dini hari pukul 03.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga KM 3+500 Gerbang Tol Halim.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x