Kompas TV internasional kompas dunia

Warga Shanghai Mengamuk, Bentrok dengan Polisi Usai Rumahnya Dijadikan Pusat Karantina Covid-19

Kompas.tv - 16 April 2022, 07:54 WIB
warga-shanghai-mengamuk-bentrok-dengan-polisi-usai-rumahnya-dijadikan-pusat-karantina-covid-19
Warga Shanghai mengamuk dan bentrok dengan polisi yang mengenakan pakaian hazmat setelah diusir dari rumahnya yang akan digunakan sebagai pusat karantina Covid-19. (Sumber: The Guardian)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

SHANGHAI, KOMPAS.TV - Warga kota Shanghai, China mengamuk dan bentrok dengan polisi yang menggunakan pakaian hazmat.

Insiden itu terjadi setelah polisi menyuruh para warga keluar dari rumah mereka karena lingkungan mereka akan digunakan sebagai pusat karantina Covid-19.

Bentrokan itu membuat kisruh di kota perdagangan terbesar China tersebut semakin besar, setelah pemerintahan Presiden Xi Jinping memberlakukan lockdown di sana.

Shanghai, kota besar dengan populasi 25 juta orang, telah mengalami wabah Covid-19 terbesar sejak pertama kali dilaporkan di Wuhan, dua tahun lalu.

Baca Juga: Lockdown Ketat Diduga Bikin Warga Stres, Shanghai Izinkan Sebagian Keluar Rumah

Wabah itu telah memicu kritik terhadap otoritas lokal, dan membuktikan ujian utama komitmen Beijing terhadap kebijakan nol Covid-19 yang ketat.

Para warga yang telah menjalani karantina atau lockdown sejak Maret, mengeluhkan kurangnya makanan dan dipaksa masuk fasilitas karantina pusat oleh pejabat setempat.

Angka kasus positif harian di Shanghai telah mencapai 20.000.

Pemerintah kota pun kemudian membuat kebijakan mengusir warga dari rumah-rumah mereka yang akan digunakan sebagai pusat karantina Covid-19.



Sumber : The Guardian

BERITA LAINNYA



Close Ads x