Kompas TV internasional kompas dunia

Larangan Penggunaan Hijab Kaum Muslim Jadi Sorotan dalam Kampanye Pilpres Prancis

Kompas.tv - 16 April 2022, 07:10 WIB
larangan-penggunaan-hijab-kaum-muslim-jadi-sorotan-dalam-kampanye-pilpres-prancis
Pemimpin sayap kanan Prancis, Marine Le Pen, berbicara dengan seorang perempuan berhijab saat ia berkampanye di Pertuis, selatan Prancis, Jumat (15/4/2022). (Sumber: AP Photo/Daniel Cole)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Edy A. Putra

PERTUIS, KOMPAS.TV – Larangan penggunaan jilbab atau hijab bagi kaum muslim jadi sorotan dalam kampanye calon presiden (capres) Prancis, Jumat (15/4/2022). 

Kandidat calon presiden (capres) dari sayap kanan, Marine Le Pen, disebut mendesak pelarangan penggunaannya di negara berpopulasi muslim terbesar di Eropa barat itu. 

Sementara rivalnya, petahanan Emmanuel Macron, tak melarang pakaian keagamaan. Kendati begitu, selama masa pemerintahannya, sejumlah masjid dan kelompok Islam telah ditutup operasionalnya.

Baik Le Pen maupun Macron yang sama-sama menghadapi persaingan ketat pada 24 April nanti, dikonfrontasi para perempuan berjilbab.

Mereka mempertanyakan mengapa pilihan pakaian mereka ikut terseret dalam politik. Banyak kaum muslim yang merasa, kampanye pilpres telah menstigmatisasi keyakinan mereka secara tidak adil.

Baca Juga: Capres Prancis Larang Sembelih Hewan untuk Daging Halal, Kaum Muslim dan Yahudi Ketar-ketir

Dalam kampanyenya di sebuah pasar petani di kota Pertuis di selatan Prancis, seorang perempuan berhijab mendatangi Le Pen yang tengah menyapa para pendukungnya.

“Apa yang dilakukan hijab dalam politik?” tanya perempuan itu, dikutip dari Associated Press, Sabtu (16/4).

Membela pendiriannya, Le Pen merespons dengan menyebut hijab sebagai “seragam yang dikenakan dari waktu ke waktu oleh orang-orang yang memiliki pandangan radikal tentang Islam”.

“Itu tidak benar,” sergah si perempuan.

“Saya mulai mengenakan hijab saat saya mulai menua. Bagi saya, ini adalah tanda menjadi seorang nenek.”



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.