Kompas TV nasional politik

PPATK Punya Data Jutaan Politikus, Pergerakan Dana Kampanye untuk Pemilu 2024 Bakal Dipantau

Kompas.tv - 16 April 2022, 05:45 WIB
ppatk-punya-data-jutaan-politikus-pergerakan-dana-kampanye-untuk-pemilu-2024-bakal-dipantau
Kepala PPATK Ivan Yustiavanda menjelaskan pihaknya memiliki tim satgas untuk memantau politisi calon legislatif yang akan maju di Pemilu 2024. (Sumber: Dok. Humas PPATK)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) bakal memonitor pergerakan dana dari para calon legislatif pada Pemilu 2024 mendatang.

Kepala PPATK Ivan Yustiavanda menjelaskan pihaknya sudah memiliki jutaan nama politikus yang didapat dari pemilu-pemilu sebelumnya.

Bahkan PPATK memiliki satgas yang mengamati profil politikus yang maju sebagai calon legislatif.

Menurut Ivan, satgas ini sudah ada sejak pemilu beberapa tahun lalu. Tim tersebut bertugas memantau aliran dana di setiap perhelatan pesta demokrasi lima tahunan.

Baca Juga: PPATK Komitmen Awasi Aliran Dana Kampanye

Ke depan Satgas PPATK akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) seperti saat pemilu sebelumnya.

"Sistem kita bisa mengidentifikasi modus transaksi mencurigakan dari nama-nama yang tersimpan dalam database PPATK. Ada jutaan nama (politikus) di situ," ujar Ivan dalam pertemuan dengan sejumlah media di kantor PPATK, Kamis (14/4/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Ivan menambahkan pemantauan bakal calon legislatif dilakukan PPATK bukan saat pendaftaran, melainkan dari jauh hari.

Hasil riset PPATK medio 2013-2014, para peserta pemilu seperti caleg dan parpol diketahui sudah menyiapkan pendanaan jauh-jauh hari sebelum pencoblosan.

Baca Juga: PPATK Bekukan Aset Crypto Indra Kenz Senilai Rp38 Miliar yang Tersebar hingga ke Luar Negeri

Menurutnya, ada peserta yang menyiapkan sejak enam bulan sebelum pencoblosan. Ada juga yang menyiapkan uang sejak lima tahun sebelum pemilu, dari pemilu sebelumnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.