Kompas TV video vod

Berdiri Berdampingan & Punya Nomor Bangunan yang Sama, Masjid & Gereja Ini Buktikan Toleransi!

Kompas.tv - 15 April 2022, 21:32 WIB
Penulis : Edwin Zhan

SOLO, KOMPAS.TV - Sebuah gereja dan masjid di Solo, Jawa Tengah, berdiri berdampingan dan bahkan memiliki nomor bangunan yang sama karena kedua rumah ibadah ini saling terhubung.

Selama puluhan tahun, umat dari kedua rumah ibadah ini saling toleransi, termasuk saat Bulan Suci Ramadan dan perayaan Jumat Agung; seperti hari ini, Jumat (15/4).

Puluhan tahun sudah, Gereja Kristen Jawa Joyodiningratan dan Masjid Al Hikmah berdiri berdampingan di Jalan Gatot Subroto, Kratonan Serengan, Solo, Jawa Tengah.

Umat dari kedua rumah ibadah ini saling menghormati dalam toleransi yang begitu hebat.

Salah satu bentuk sikap saling menghargai, terlihat saat Salat Tarawih yang berlangsung berbarengan dengan Kebaktian Kamis Putih dan Jumat Agung di pekan Paskah tahun ini.

Pada saat kebaktian berlangsung, maka pembacaan Al Quran sebelum azan tidak menaikkan suara ke menara; suara akan dinaikkan hanya saat azan saja.

Begitu pun saat Salat Tarawih, maka ibadah gereja tidak dilakukan hingga ke luar gedung.

Ini dilakukan demi menjaga kebersamaan antara warga masjid dan gereja.

Kisah toleransi yang indah ini bisa menjadi contoh untuk semua umat beragama di Nusantara, bahwa persaudaraan tetap harus dijaga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.