Kompas TV nasional sapa indonesia

Tradisi Gunungan Hasil Bumi Sambut Bulan Syawal

Kompas.tv - 25 Juni 2018, 16:00 WIB

Salah satu tradisi yang rutin dilakukan adalah tradisi Gunungan Gebral. Yakni kumpulan hasil bumi untuk dibagikan sebagai rasa syukur kepada sang pencipta.

Gunungan Gebral setinggi 2,75 meter dengan diameter 1,5 meter dibuat masyarakat Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah, disebut Gebral karena merupakan nama dari makanan tradisional berbahan dasar ubi. Dan sudah menjadi tradisi masyarakat setempat sejak 20 tahun lalu.

Untuk membuat Gebral penyelenggara acara menghabiskan ratusan kilogram ubi dengan biaya total sebanyak delapan juta rupiah. Kemudian gunungan Gebral diberikan kepada puluhan warga yang hadir.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Pekalongan, Bambang Irianto mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk silaturahim antar warga untuk menjalin persatuan dan kesatuan. Acara ini juga untuk melestarikan makanan tradisional gebral yang kini sulit ditemui agar tidak punah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.