Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Langgilo, Bersihkan Alat Sholat Dengan Rebusan Rempah

Kompas.tv - 13 April 2022, 16:27 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GORONTALO, KOMPAS.TV - Martin Ali, warga Desa Huntu Selatan, Kabupaten Bone Bolango,  Gorontalo, merupakan salah satu warga yang masih mempertahankan tradisi membersihkan alat shalat jelang bulan suci Ramadan.

Disetiap awal Ramadan, Martin Ali membersihkan alat shalat menggunakan air rebusan bahan rempah yang dibuatnya sendiri.

Bahan rempah berupa jeruk, kelapa parut, daun pandan, daun kunyit,  nilam, dan sereh wangi yang telah dikumpulkan Martin terlebih dahulu, kemudian dirajang dengan ukuran tidak terlalu kecil.

Bahan ini kemudian direbus hingga mengeluarkan aroma khas tradisional,  sebagaimana aroma pengharum modern. Air rebusan inilah yang dipakai untuk mencuci alat shalat seperti sarung, sajadah, dan mukena. Menurut Martin, aroma khas yang dihasilkan bisa bertahan sebulan lamanya.

Selain Langgilo, Martin juga membuat ramuan Bongo Yiladu,  atau bahan untuk Keramas rambut. Bahan rempah yang digunakan persis sama, hanya menambahkan parutan kelapa yang kemudian diasapi diatas bara api.

Ramuan Bongo Yiladu ini digunakan untuk mandi seperti keperluan keramas rambut. hal ini dipercaya sebagai pembersihan diri menjelang bulan puasa.

Untuk tetap melestarikan adat ini, Martin atau lebih akrab dipanggil ma’ nou ini membuat ramuan pengharum lebih banyak, agar bisa dibagikan kepada tetangga yang tidak sempat membuatnya.

#tradisiigorontalo
#langgilo
#bonebolango

 



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x