Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

3 Cara Menyimpan Bawang Kupas, Awet hingga 6 Bulan

Kompas.tv - 13 April 2022, 08:58 WIB
3-cara-menyimpan-bawang-kupas-awet-hingga-6-bulan
Cara menyimpan bawang kupas sedikit berbeda dengan bawang utuh. (Sumber: Freepik via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cara menyimpan bawang kupas sedikit berbeda dengan bawang utuh. Sebab bawang kupas mudah mengering, layu, berjamur, berubah warna menjadi kebiruan sehingga tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, untuk membuat potongan bawang lebih tahan lama, simpan dengan cara yang tepat. Dengan begitu, dapat menyimpan potongan bawang lebih tahan lama sebagai stok memasak. Kian praktis dan makin hemat waktu.

Sebelum disimpan, pastikan bawang dalam kondisi bersih. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan bakteri sekaligus kontaminasi silang dengan bahan makanan lain. Bawang yang disimpan dalam kondisi bersih akan membuatnya semakin tahan lama.

Baca Juga: Kenapa Mata Terasa Pedih dan Menangis Saat Mengiris Bawang?

Berikut cara menyimpan bawang kupas melansir dari All Recipes dan Live Strong.

1. Simpan di wadah kedap udara

Bawang yang sudah dikupas sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara atau kantung zip lock. Kemudian, simpan wadah tersebut di kulkas agar tahan lama.  Walau mungkin kehilangan aromanya, tapi bawang putih atau bawang merah kupas biasanya dapat bertahan hingga satu minggu.

2. Simpan dalam cuka

Ada cara menyimpan bawang kupas agar tahan lama. Caranya yakni dengan menyimpannya di cuka, baik cuka anggur atau cuka putih.

Bawang yang disimpan di cuka dapat diletakkan di suhu kamar ataupun di kulkas. Jika ingin mempertahankan aromanya, buang bawang yang mulai berjamur agar tak menyebar ke umbi lainnya.

Baca Juga: Benarkah Memasukkan Bawang Putih ke Hidung Redakan PIlek? Ini Risikonya Kata Pakar

3. Bekukan di freezer

Jika ingin lebih awet, bawang putih atau bawang merah kupas dapat dicincang lalu disimpan di freezer. Tempatkan bawang putih cincang di nampan es batu supaya lebih mudah diambil.

Cara ini dapat membuatnya bertahan hingga enam bulan. Apabila tak ingin repot bisa juga disimpan di freezer dalam bentuk utuh.

Apabila ingin gunakan bawang untuk memasak, jangan lupa untuk memeriksa sisa bawang yang akan disimpan kembali. Jika ada kondisi bawang yang sudah mulai berlendir, berjamur, atau tampak keruh, cukup buang bagian jelek tersebut. Hal ini untuk memastikan bawang tetap segar dan tidak terkontaminasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x