Kompas TV internasional kompas dunia

Jumbo! Honda Siapkan Rp574 Triliun untuk Bikin Mobil Listrik Hingga 2030

Kompas.tv - 12 April 2022, 15:07 WIB
jumbo-honda-siapkan-rp574-triliun-untuk-bikin-mobil-listrik-hingga-2030
Honda CR-V Hybrid yang dipasarkan di Amerika Serikat pada 2020. (Sumber: Honda )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV- Persaingan di pasar mobil listrik tampaknya akan semakin ketat. Setelah Toyota merilis belasan model mobil listrik yang akan diproduksinya, kini giliran Honda Motor Co yang investasi besar-besaran di mobil listrik.

Pabrikan asal Jepang itu menyiapkan 5 triliun yen atau 40 miliar dollar AS (Rp574 triliun) untuk mengembangkan mobil listrik (EV) selama 10 tahun ke depan.

Mengutip dari Bloomberg, Selasa (12/4/2022), uang sebesar itu akan digunakan untuk memproduksi 30 model EV terbaru, yang akan dirilis hingga 2030. Honda menargetkan akan membuat 2 juta unit mobil listrik setiap tahunnya.

Sehingga, produksi mobil listrik Honda mencapai 40 persen dari total produksi mobilnya secara keseluruhan, di akhir 2030.

Baca Juga: Toyota Menggebrak Pasar, Pamerkan 16 Kendaraan Listrik Berbagai Jenis

Langkah yang ditempuh Honda itu merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk menghentikan produksi dan penjualan mobil berbahan bakar bensin pada 2040. Jika target itu terwujud, Honda akan jadi pabrikan otomotif pertama di Negeri Sakura yang berani beralih total ke EV.

Chief Executive Officer Honda Toshihiro Mibe menyatakan, perusahaan ingin mempercepat transisi ke kendaraan listrik.

"(Honda beralih sepenuhnya ke EV), waktu adalah esensi dan saya akan memilih untuk menggunakan aliansi dan wawasan eksternal untuk mempercepat peralihan kami," kata Mibe.

Dana yang digunakan Honda untuk beralih ke mobil listrik, berasal dari sejumlah sumber. Diantaranya, penerbitan obligasi hijau senilai 2,75 miliar. Honda akan menerbitkan lebih banyak lagi obligasi, untuk mendanai produksi mobil listrik.

Baca Juga: Luhut: Mobil Listrik Hyundai Genesis G80 Jadi Kendaraan Resmi Delegasi KTT G20

Honda juga menggandeng perusahaan lain untuk menjadi perusahaan otomotif hijau. Bulan lalu, Honda baru mengumumkan kerja samanya dengan Sony Group Corp. untuk mengembangkan EV yang dijadwalkan mengaspal pada 2025.

Kemudian pada bulan April ini, Honda menggandeng General Motors Co. untuk mengembangkan mobil listrik dengan harga lebih murah, yaitu di bawah 30.000 dollar AS di Amerika Utara pada 2027.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x