Kompas TV nasional berita utama

UU TPKS Disahkan, Elemen Perempuan Berikan Apresiasi Tinggi untuk Puan

Kompas.tv - 12 April 2022, 14:22 WIB
uu-tpks-disahkan-elemen-perempuan-berikan-apresiasi-tinggi-untuk-puan
Puan Maharani mendapat standing ovation dari aktivis perempuan yang berdiri di balkon usai pengesahan RUU TPKS (12/4/2022). (Sumber: Dok. BPIP)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Elemen perempuan menyampaikan penghargaan tinggi untuk Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Puan dianggap berjasa karena terus berkomitmen mengesahkan undang-undang yang pembahasannya dimulai sejak beberapa periode DPR lalu.

Pengesahan RUU TPKS dilakukan dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4/2022). Dalam rapat paripurna ini turut hadir sejumlah aktivis perempuan dari berbagai organisasi.

“Dalam rapat ini turut hadir organisasi perempuan Indonesia,” kata Puan sambil menyapa aktivis-aktivis perempuan tersebut.

Beberapa organisasi perempuan yang hadir untuk menyaksikan pengesahan UU TPKS di antaranya seperti Koalisi Perempuan Indonesia, Forum Pengada Layanan, Yayasan LBH APIK Jakarta, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia, Perhimpunan Jiwa Sehat, Peruati, Puan Seni Indonesia, GMNI, LRC-KJHAM, WCC Mawar Balqis, dan Yayasan Kesehatan Perempuan.

Baca juga: RUU TPKS Disetujui DPR, Puan: Hadiah bagi Perempuan di Hari Kartini

Pengesahan UU TPKS pun diawali dengan penyampaian pendapat dari fraksi-fraksi. Rapat dilanjutkan dengan laporan dari Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR yang juga Ketua Panja RUU TPKS Willy Aditya serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga.

“Apakah Rancangan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual dapat disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang?” ucap Puan untuk meminta persetujuan anggota dewan.

“Setuju,” jawab anggota DPR dalam Rapat Paripurna dilanjutkan dengan ketokan palu sidang dari Puan sebagai penanda UU TPKS telah disahkan.

Usai UU TPKS disahkan, tepuk tangan dan sorak sorai membahana di ruang rapat paripurna DPR.

Puan mendapat standing ovation dari aktivis perempuan yang berdiri di balkon. Mayoritas Anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna pun juga ikut berdiri dan bertepuk angin memberikan apresiasi.

Atas penghargaan yang diberikan, Puan membalas dengan melambaikan tangannya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memperjuangkan UU TPKS, termasuk jajaran pemerintah, aktivis, dan anggota DPR lintas fraksi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x