Kompas TV nasional update corona

Daftar Aturan Lengkap PPKM Level 1-3 di Luar Jawa-Bali Sesuai Inmendagri Terbaru, Cek di Sini!

Selasa, 12 April 2022 | 13:01 WIB
daftar-aturan-lengkap-ppkm-level-1-3-di-luar-jawa-bali-sesuai-inmendagri-terbaru-cek-di-sini
Ilustrasi. Berikut aturan lengkap PPKM Level 1-3 di luar Jawa-Bali selama dua pekan ke depan, sesuai Inmendagri terbaru. (Sumber: Kompas TV/Ant/M Risyal Hidayat)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali kembali diperpanjang hingga 25 April 2022 mendatang.

Selama penerapan PPKM dua pekan ke depan, pemerintah masih menerapkan sejumlah aturan pembatasan kegiatan masyarakat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 di Indonesia.

Aturan teknis PPKM luar Jawa-Bali telah diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 21 Tahun 2022 yang diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Senin (11/4/2022). 

Pada Inmendagri tersebut, diatur secara rinci ketentuan yang wajib dilakukan di wilayah PPKM level 1 hingga 3 di luar Jawa-Bali.

Untuk mengtahui lebih lanjut, berikut aturan lengkap PPKM Level 1-3 di luar Jawa-Bali hingga dua pekan ke depan:

Work From Office (WFO)

Pemerintah menetapkan aturan pada kantor atau kegiatan sektor non esensial di wilayah PPKM level 3 diizinkan beroperasi 50 persen WFO. 

Sementara daerah Level 2 menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 25 persen dan WFO sebesar 75 persen. Sedangkan pada daerah Level 1 diperkenankan 100 persen WFO.

Selama masa PPKM, hanya pegawai sudah vaksin yang boleh WFO dan Selama masa PPKM, perusahaan juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

Baca Juga: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Lagi Hingga 25 April 2022

Restoran dan Kafe

Restoran/rumah makan dan kafe yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall di daerah Level 3 diperbolehkan buka sampai Pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50.

Pada daerah level 2 dan 1, jam operasional dibatasi sampai dengan Pukul 22.00 waktu setempat dengan kapasitas 75 persen. Sementara pada PPKM Level 1 berlaku ketetapan 100 persen kapasitas dan maksimal beroperasi pukul 22.00 waktu setempat.

Pusat Perbelanjaan/Mal

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal di daerah level 3 diizinkan beroperasi dari Pukul 10.00 hingga 21.00 waktu setempat, dengan kapasitas 50 persen.

Sementara pada wilayah level 2, pembatasan jam operasional sampai dengan Pukul 22.00 waktu setempat; dan pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 75 persen. Selanjutnya, mal di daerah PPKM level 1 dapat beroperasi 100 persen kapasitas dan jam buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Baik di level 1,2, maupun 3 wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Bioskop

Bioskop yang berada di daerah level 3 dapat beoperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen. wilayah level 2 wajib memberlakukan kapasitas maksimal 75 persen, dan daerah level 1 maksimal 100 persen.

Pengunjung bioskop di daerah level 1-3 hanya yang masuk kategori Hijau dan Kuning dalam PeduliLindungi yang diperkenankan masuk.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Salat Gaib Untuk Korban Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 08:06 WIB
Berita Daerah

Pelaku Teror Asusila Ditangkap

Jumat, 25 November 2022 | 08:01 WIB
Close Ads x