Kompas TV regional peristiwa

Jelang Libur Lebaran 2022, Pemohon Paspor Melonjak

Kompas.tv - 12 April 2022, 10:51 WIB
jelang-libur-lebaran-2022-pemohon-paspor-melonjak
Ilustrasi paspor Indonesia. Jumlah permintaan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan signifikan. (Sumber: SHUTTERSTOCK/TEMITIMAN)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjelang cuti bersama Lebaran 1443 H, jumlah permintaan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan signifikan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang Felucia Sengky Ratna menuturkan peningkatan ini disebabkan karena sejumlah negara telah membuka border atau perbatasannya untuk wisatawan. Kemungkinan banyak warga Indonesia yang ingin berlibur ke luar negeri.

"Terjadi peningkatan siginifikan di layanan pemohonan paspor. Saya melihat untuk saat ini dibukanya border di beberapa negara, menjadi fenomena tersendiri bagi pelaku perjalanan wisata yang berbondong-bondong datang ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang," kata Sengky seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV Riky Sultana, Senin (11/4/2022).

Sengky menuturkan, pihaknya juga telah mengantisipasi peningkatan jumlah pemohon paspor dengan layanan Walk-In tanpa antrian online, yakni pemohon datang langsung ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Tengerang.

"Selama bulan Ramadan ini kami membuka antrean walk-in yang dibagi menjadi dua. Pertama layanan prioritas, yakni bagi lansia, berkebutuhan khusus, anak di bawah umur, dan orang yang dalam keadaan urgen akan menjalankan perjalanan ke luar negeri," ujarnya.

"Namun tentu saja kami memiliki kuota untuk memberikan layanan tersebut," ucapnya. 

Sengky juga menyebut pihaknya mulai mengaktifkan kembali Unit Layanan Paspor (ULP) di gerai Tang City Mal yang dibuka setiap Sabtu.

"Bagi masyarakat yang ingin membuat paspor, Kantor Imigrasi memberikan layanan di hari Sabtu yang berlokasi di Tang City Mal. Pemohon dapat mengecek layanan informasinya melaui media sosial kami," kata dia. 

Dia memastikan pelayanan paspor tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, baik bagi pemohon maupun petugas.

Baca Juga: Kaisar SiMantap, Inovasi Kanim Makassar, Layani  Masyarakat Urus Paspor Sampai Kab/Kota

Cuti Bersama Idul Fitri 1443 H

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriah mulai 29 April 2022 sampai 6 Mei 2022.

Adapun, 2 dan 3 Mei merupakan hari libur nasional Idul Fitri 2022.

"Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2002 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4).

Kepala Negara ini menyebut, cuti bersama dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan orang tua, keluarga, dan kerabat di kampung halaman.

Namun, Jokowi mengingatkan masyarakat untuk waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan lantaran pandemi virus corona belum sepenuhnya selesai.

"Bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan," ucapnya.

Baca Juga: Resmi, Aplikasi M-Paspor Kini Bisa Digunakan di Seluruh Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x